Berita

Jambore Nasional SAR Muhammadiyah Resmi Ditutup

Jambore Nasional SAR Muhammadiyah

Wonosobo, Suara ‘AisyiyahJambore Nasional SAR Muhammadiyah yang sudah berlangsung sejak Kamis (11/8) resmi ditutup pada Ahad (14/8). Upacara penutupan digelar di Waduk Wadaslintang, Wonosobo diiringi dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah bagi para juara lomba.

Hadir sejumlah tamu undangan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Wonosobo, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wadaslintang, perwakilan dari Basarnas, BPBD Kabupaten Wonosobo dan para juri perlombaan dari berbagai bidang lomba.

Ketua PDM Wonosobo, Bambang Wen menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran relawan MDMC dari berbagai daerah. “Tak lupa kami meminta maaf mewakili PDM dan seluruh panitia lokal yang terlibat baik pribadi maupun instansi kelembagaan apabila banyak hal yang kurang berkenan dalam mendukung suksesnya acara,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Daelami selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah yang membidangi Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) menekankan bahwa tugas relawan Muhammadiyah adalah menolong sesama manusia tanpa melihat golongan maupun identitas. “Ketika semuanya di berikan secara ikhlas maka keikhlasan itu akan kembali menjadi keberkahan untuk para relawan,” ucapnya.

Baca Juga: Jambore Nasional SAR Muhammadiyah di Wonosobo Diikuti 30 Kontingen

Tak lupa, Daelami juga  berpesan agar paska pelaksanaan jambore hendaknya semuanya bisa mengambil hikmah dan manfaat dengan yang ada. “Ketika dirasa ada kebaikan maka sebarkan kebaikan itu untuk orang lain, tapi jika dirasa ada hal yang kurang berkenan maka jadikan itu sebagai pembelajaran diri dan cukup dikonsumsi sendiri,” imbuhnya.

Hasil Perlombaan

Tim dari MDMC Surakarta dinobatkan menjadi juara umum Jambore Nasional SAR Muhammadiyah dan berhak meraih piala dari MDMC Jawa Tengah. Adapun perolehan juara di tiap jenis lomba adalah sebagai berikut:

Lomba Al-Islam Kemuhammadiyan juara satu diraih oleh MDMC Karanganyar, dilanjut juara dua oleh MDMC Sukoharjo, dan ketiga MDMC Surakarta. Untuk Medical First Respon (MFR) juara satu oleh MDMC Surakarta, kedua Kokam Kalsel, disusul RSM Lamongan.

Kemudian lomba High Angel Rescue juara satu MDMC Klaten, disusul MDMC Surakarta sebagai juara kedua, dan UM Pekalongan juara ketiga. Mata lomba Navigasi Darat (Navrat) juara satu MDMC Banyumas 1, disusul juara kedua MDMC Gowa, dan ketiga UM Pekalongan.

Untuk mata lomba Survival diraih oleh MDMC Kudus, Kedua Banyumas 1, dan disusul Pemalang. Untuk lomba Run Swim Run (RSR) juara satu oleh MDMC Sukoharjo, disusul MDMC Klaten, dan terakhir MDMC Karanganyar.

Sedangkan jenis lomba RTRGT juara satu adalah MDMC Surakarta, disusul Kokam Kalsel sebagai juara dua, dan MDMC Gowa juara tiga. Yang terakhir lomba renang, MDMC Klaten juara tiga disusul MDMC Karanganyar juara dua dan juara satu diraih oleh tim SAR Universitas Muhammadiyah Klaten. (hans/jap/sb)

Related posts
Berita

MDMC Segera Hadirkan Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial di Tingkat Lanjut

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pelatihan Layanan Dukungan Psiksosial (LDP) oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) akan berlanjut ke level yang lebih lanjut…
Berita

Gelar Pelatihan Online: MDMC Kenalkan Pedoman Bantuan Kemanusiaan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Menanggapi masifnya kejadian bencana alam dan bencana kemanusiaan yang terjadi sepanjang tahun 2023, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)…
Berita

Kunjungi MDMC, Dua Aktivis Kemanusiaan Asal Swedia Berbagi Pembelajaran Dampingi Pengungsi

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Senin (11/12), Kantor MDMC PP Muhammadiyah didatangi dua orang pekerja hak asasi manusia (HAM) asal Swedia berkunjung ke…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *