K3S SD/MI Muhammadiyah Se-Surabaya Gelar Aksi Spotic 2021/2022

Berita 27 Okt 2021 0 69x

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Sekolah Muhammadiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat perhatian terhadap pengembangan diri dan minat bakat. Oleh sebab itu, dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan peserta didiknya, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3S) menggelar kegiatan AKSI SPOTIC, yakni Apresiasi Kreasi Seni Islami dan Olympic, Selasa (26/10).

Bertempat di gedung SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Ketua Panitia Pelaksana Norma Setyaningrum menjelaskan, pelaksanaan Aksi Spotic 2021/2022 ini sudah memasuki tahun ketiga. Tahun ini kegiatan dilakukan secara online, mulai pembukaan yang menampilkan parade seni SD/MI Muhammadiyah se-Surabaya di mana para siswa menari dari tempatnya masing-masing digabungkan parade tari Nusantara, dilanjutkan babak final dan juga olimpiade.

Baca Juga: Aisyiyah Jatim Resmikan Posbakum, Bentuk Kepedulian Persoalan Hukum Perempuan dan Anak

Masih dengan Norma, kegiatan Aksi Spotic ini sebenarnya sudah dilaksanakan mulai tanggal 19 Oktober 2021 dengan mengirimkan video lomba berkisah cerita dalam al-Quran, tartil, tahfidz, nasyid, dan video pembelajaran untuk guru yang akan dinilai hari ini.

“Tujuan kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi keluarga besar SD/MI Muhammadiyah se-Surabaya. Selain itu juga menggali potensi akademik siswa di bidang matematika, sains, ismuba, dan literasi. Menumbuhkan minat dan motivasi untuk berprestasi di kalangan siswa dan guru. Melatih mental siswa agar memiliki sikap berani, mandiri dan percaya diri,  meningkatkan kreativitas guru dalam pengembangan video pembelajaran di sekolah, di mana dibutuhkan kreativitas seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran dimasa pandemi seperti ini,” papar Norma.

Norma menambahkan, Aksi Spotic dilaksanakan pada Selasa dan Rabu tanggal 26-27 Oktober 2021, mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai, di sekolah masing-masing secara daring. Lomba ini diikuti sekitar 612 peserta dari 28 SD/MI Muhammadiyah se-Surabaya dengan sebelas macam lomba, yaitu: Olimpiade Sains, Olimpiade Matematika, Olimpiade Ismu In Arabic, Olimpiade Ismu In English, Literasi (Menulis Cerpen), Berkisah cerita dalam Al-Quran, Tartil, Video Pembelajaran (untuk Guru), Tahfidz Kategori A (An-Nas-Addhuha) dan Kategori B (Juz 30), Nasyid, dan Kaligrafi.

Salah satu peserta lomba Kaligrafi dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya kelas 5 F, Myiesha Safina Suriaadibrata, menyatakan sangat senang sekali dapat mengikuti lomba tersebut, di mana dirinya bisa memiliki banyak pengalaman dan bangga bisa menyelesaikan tulisan kaligrafi dalam waktu 90 menit. (Yuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *