Berita

Kader IPM di Tuban Ikut Semarakkan Program Penanaman Pohon dan Sayur Sistem Pola Asuh

Tuban, Suara ‘Aisyiyah – Terinspirasi dari program penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh yang digalakkan oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Lazismu, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Tuban menginisasi kegiatan reboisasi (penghijauan) di 3 titik, Sabtu (4/12).

“Hari ini kami melakukan penanaman pohon di 3 (tiga) titik, di SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Tuban serta di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tuban,” ucap Anisa Nur Romadhoni, Ketua Ranting IPM SMP Muhammadiyah 1 Tuban.

Anisa menuturkan, kegiatan reboisasi tersebut terlaksana atas kerja sama beberapa pihak, yaitu IPM SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Tuban, Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM Tuban, LLHPB PDA Tuban, Dinas Pertanian, dan Mangrove Center Jenu Tuban.

Kata Annisa, IPM ingin mengirim pesan kepada masyarakat untuk melakukan gerakan peduli lingkungan. Hal ini kata dia menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Meski kegiatan yang kami lakukan ini kecil, kami yakin mampu membawa dampak positif tidak hanya warga sekolah tetapi juga masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: PDA Tuban Berkomitmen Jaga Kelestarian Lingkungan

“Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat agar turut melakukan gerakan penghijauan di lingkungannya masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, salah satu guru SMA Muhammadiyah 1 Tuban bernama Abdul Majid Tamun menuturkan, kagiatan penghijauan yang dilakukan oleh anak didiknya merupakan langkah awal.

“Ini langkah awal, selanjutnya anak-anak ini akan melakukan penanaman pohon pada lahan yang baru dibeli, letaknya persis di sebelah barat sekolah,” tuturnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, akan tumbuh sikap kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga diharapkan generasi mendatang dapat mencintai lingkungannya.

Adapun bibit pohon yang ditaman antara lain klengkeng, alpukat, rambutan, nangka, dan cemara. Bibit-bibit ini diperoleh dari MLH PDM Tuban, LLHPB PDA Tuban, Dinas Pertanian, dan juga Mangrove Center Tuban. (Iwan Abdul Gani)

Related posts
Berita

Tri Hastuti Dorong Warga Aisyiyah Kawal Demokrasi di Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Menghadapi momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak pertanyaan dari warga ‘Aisyiyah menyangkut pilihan dan keberpihakan ‘Aisyiyah. Sekretaris Umum…
Berita

Ikhtiar Wujudkan Pemilu Inklusif dan Berkeadaban, PP Aisyiyah Adakan Madrasah Politik Perempuan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) PP ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Program Inklusi ‘Aisyiyah pada Sabtu (20/1) mengadakan…
Perempuan

The History of Women Ulama’s Thought

By: Samia Kotele* The autonomy of women in Southeast Asia, both economically, socially, and politically has received particular attention from historians. Women…

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *