Kader Muhammadiyah M. Nur Rianto Al Arif, Dikukuhkan Sebagai Profesor Bidang Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berita 20 Dec 2020 0 174x

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah- Profesor M. Nur Rianto Al Arif, SE., M.Si resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution, pada Rabu (16/12/2020).

Dalam pengukuhan tersebut, turut hadir Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed selaku Sekretaris Umum PP. Muhammadiyah dan Cak Nanto selaku Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah.

Dalam pidatonya ia menjelaskan “Pemisahan, Merger, Akusisi, dan Konversi: Kebijakan Alternatif Terbaik Bagi Industri Perbankan Syariah”. Terdapat empat alternatif strategi yang dapat dipilih oleh regulator dan industri perbankan syariah di Indonesia. Pandangan pertama, jelasnya, ialah kelompok yang menyatakan bahwa kebijakan pemisahan akan berdampak positif terhadap kinerja bank syariah. Strategi kedua dan ketiga yang dapat dilakukan yaitu merger dan akuisisi. Alternatif kedua menitik beratkan pada kebijakan pemisahan tidak memiliki dampak terhadap kinerja bank syariah. Alternatif strategi keempat yang dapat dilakukan oleh konversi bank umum konvensional menjadi bank umum syariah.

“Saat ini topik tentang merger tiga bank syariah anak bank BUMN, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan dan bank BRI Syariah, seiring dengan kebijakan Menteri BUMN yang akan  menggabung tiga bank tersebut.” Ungkap pria kelahiran Pekan Baru ini.

Sebelum kebijakan ini, ia mengungkap bahwa sudah ada kebijakan sebelumnya yang telah dilakukan oleh regulator yaitu pemisahan (spin-off) dari unit usaha syariah bank umum konvensional dan konversi bank umum konvensional menjadi bank umum syariah.

Sebagai bagian akhir dari pidato pengukuhan, Arif yang selalu aktif di Pemuda Muhammadiyah dan Persyarikatan Muhammadiyah tak lupa memanjat kan puji syukur kepada Allah SWT atas pencapaian ini. “Pencapaian ini tentu dapat tercapai berkat atas uluran tangan dan doa dari kedua orang tua. Serta terima kasih yang teristimewa juga saya persembahkan kepada istri saya tercinta (Dzuriyatul Awaliyah, SE–Red) dan kedua anak saya (Agif & Anif-Red),” ungkapnya selaku Wakil Dekan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. ”

Selain itu, Prof. Dr. Amilin, SE., AK.M.Si Dekan FEB UIN, selaku Dekan FEB  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie, Dr., S.Ag, S.H., M.H., M.A selaku Dekan FSH UIN Syarif Hidayatullah jakarta, Dr. M. Arief Mufraini, Lc, M.Si selaku Dekan FEB UIN Syarif Hidayatullah Periode 20014-2019, Dr. Sutan Emir Hidayat sebagai Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah (KNEKS) dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah juga mengucapkan selamat atas pencapaian tertinggi di bidang akademik, serta mendoakan agar terus berkarya dalam rangka mengembangkan ekonomi Islam.

Kontributor: Edi

Editor: Gustin 

Leave a Reply