Berita

Kader Tapak Suci Ikuti Pre-Summit I Y20 Indonesia Tahun 2022 Local Chapter Sumatera Selatan

Palembang, Suara ‘AisyiyahPre-Summit I Y20 Indonesia Tahun 2022 atau Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dengan Tema Youth Employment (Ketenagakerjaan Pemuda) dilaksanakan di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan pada 19-20 Maret 2022. Kegiatan ini dilakukan untuk menghimpun dan bertukar pemikiran para pemuda yang tergabung dalam Local Chapter South Sumatera sebelum dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Summit Y20 Indonesia yang akan digelar pada 17-24 Juli 2022 di Bandung dan Jakarta. Selain di Sumatera Selatan, Kegiatan Pre-KTT akan dilaksanakan di Mandalika, Manokwari, dan Balikpapan.

Turut hadir pada agenda ini secara online Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan secara offline Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, Y20-Co-Chair Michael Victor Sianipar, Delegasi Indonesia Y20 Tahun 2022 Muhammad Abdullah Syukri, Nashin Mahtani, Marcel Satria, Marshiella Pandji, dan delegasi dari negara G20.

Kegiatan Pre-Summit Y20 Indonesia Tahun 2022 di Palembang  ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengajak para pemuda terpilih yang telah memenuhi persyaratan sebagai partisipasi bertukar pikiran membahas permasalahan dan solusi tentang Youth Employment yang dibagi menjadi dua subtema, yakni Social Safetynet (Jaringan Pengaman Sosial) dan Social Entrepreneurship (Kewirausahawan Sosial). Peserta berasal dari berbagai Provinsi, seperti Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan provinsi lainnya

Berbagai pemuda yang tergabung untuk menyerap aspirasi pemuda secara menyeluruh bukan hanya dari satu wilayah saja. Ide ini menjadi stimulus dan akan terus dikembangkan. Kemudian hasil pre-KTT akan disampaikan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo oleh delegasi Indonesia.

Baca Juga: Moderasi Indonesia untuk Dunia Jangan Hanya Retorika

Y20 pada G20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20. Rekomendasi Y20 akan dituangkan dalam Communiqe Y20, untuk dijadikan pertimbangan perumusan Leaders Declaration sebagai deliverable utama presidensi G20 Indonesia.

Pemuda asal OKU Timur yang saat ini sebagai Mahasiswa Universitas Sriwijaya, serta aktif menjadi Kader Tapak Suci Pimda 240 Ogan Ilir, mengikuti sebagai partisipasi Pre-Summit I Y20 Indonesia 2022. Ia adalah M. Akib Aliruddin. Putra daerah yang lahir di Trimoharjo (Desa di wilayah OKU Timur) ini mengatakan, “kegiatan pre-KTT sangat melibatkan pemuda. Dalam hal ini, pemuda berdiskusi dan bertarung gagasan dalam menentukan titik permasalahan pemuda dan solusi atas permasalahan tersebut. Ke depan akan banyak tantangan yang dihadapi pemuda di zaman ini. Namun, saya yakin tantangan itu akan mudah dihadapi jika bersama-sama, apalagi dengan jumlah pemuda yang membludak. Saya bangga bisa menjadi bagian dari Pre-KTT Summit Y20 Indonesia Tahun 2022”.

Pemuda yang yang disapa akrabnya Bung Akib menambahkan, “kegiatan ini bisa juga dilakukan sebagai percontohan untuk kepala daerah mengambil kebijakan. Memberikan kesempatan kepada pemuda untuk menyampaikan hasil pemikirannya dalam bersama memikirkan daerah tercinta”. (marta/sb)

Related posts
Berita

Menyongsong 2022: Pemuda sebagai Penggerak Kebangkitan Pasca Pandemi

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan organisasi-organisasi otonom kepemudaan Muhammadiyah…
Berita

Iklim Birokrasi Belum Mendukung, Revolusi Mental Harus Dimulai oleh Para Pemuda

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Guna membangun karakter bangsa Indonesia yang berintegritas, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengagendakan gerakan revolusi…
Berita

IPM Tulang Bawang Kirim Kader Terbaik Ikuti PKTM 2

Tulang Bawang, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka merealisasikan program perkaderan di tingkat pelajar Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.