Kajian MT PCM Bandung: Mencari Ridha Allah dengan Berbuat Baik kepada Orang Tua

Berita 2 Nov 2021 2 59x

Kajian PCM BandungBandung, Suara ‘Aisyiyah – Ahad (31/10), Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandung mengadakan Kajian Singkat melalui kanal YouTube @Majelis Tabligh PCM Bandung. Kajian ini mengangkat tema “Konsep Dasar Birul Walidain” dan menghadirkan Syaifudin selaku Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandung.

Syaifudin mengatakan, di dalam al-Quran Allah swt. memerintahkan untuk melakukan perbuatan yang baik kepada kedua orang tua atau disebut birul walidain, seperti dalam Q.S. an-Nisa: 36, Q.S. al-Isra: 23, dan Q.S. al-Ahqaf: 15. Di dalam surat tersebut Allah swt. memerintahkan untuk melakukan perbuatan yang baik kepada kedua orang tua setelah adanya perintah untuk beribadah kepada Allah swt.

Baca Juga: Pramurukti: Merawat Orang Tua dengan Hati dan Dedikasi

Syaifudin menjelaskan, setelah beribadah kepada Allah, maka tugas anak Adam selanjutnya adalah untuk berbuat baik kepada kepada kedua orang tua. Ia mengatakan, “ihsan merupakan puncak dari kebaikan seseorang. Jadi ketika kita berbuat ihsan, maka sesungguhnya kita berbuat maksimal. Artinya, perintah untuk berbuat baik kepada orang tua yang digambarkan dengan kalimat wa bil walidaini ihsana yang artinya kita harus maksimal dalam berbuat baik kepada orang tua”.

Menurut Syaifuddin, wa bil walidaini artinya seorang anak berbuat baik kepada kedua orang tuanya seakan-akan menyatu atau merasa bahwa orang tuanya merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan bagi dirinya. Dalam hal ini, seorang anak harus bisa menjaga hati kedua orang tuanya.

Bahkan ketika orang tua mengajarkan atau mengajak sang anak untuk jauh dari ajaran agama, lanjutnya, Islam tetap memerintahkan sang anak untuk bersikap baik kepada keduanya.

Di akhir penyampaiannya, Syaifudin berpesan untuk “ber-ihsanlah kepada kedua orang tua dan carilah ridha kedua orang tua kita. Dengan harapan ketika kita mengantongi ridha kedua orang tua kita, maka Allah akan meridhai kehidupan kita semua”. (silvi)

2 thoughts on “Kajian MT PCM Bandung: Mencari Ridha Allah dengan Berbuat Baik kepada Orang Tua”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *