Kajian PCM Bandung: Koreksi Diri Sebelum Terlambat

Berita 8 Des 2021 0 65x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Ahad (5/12), Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bandung mengadakan Kajian Singkat melalui kanal YouTube @Majelis Tabligh PCM Bandung. Kajian ini mengangkat tema “Jauhkan Diri Kita Dari yang Haram” dan menghadirkan Syaifudin selaku Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Syaifudin menyampaikan bahwa Allah swt. memerintahkan kepada orang-orang yang beriman sebagaimana Dia memerintahkan kepada para utusan-Nya Allah. Artinya, apa yang diperintahkan oleh Allah kepada umat beriman adalah sama dengan apa yang diperintahkan Allah kepada para rasul sebelum Rasulullah saw.

Selanjutnya, Syaifudin menjelaskan bahwa berbuat saleh berkait kelindan dengan makanan yang dikonsumsi. Kaitan antara makanan yang baik dengan amal saleh ini termaktub dalam al-Quran dan hadits Nabi.

Baca Juga: Menguatkan Kehidupan Sosial Budaya Bangsa

Dalam sebuah hadits, Nabi menceriterakan ada seseorang yang senantiasa berdoa kepada Allah swt., tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaian haram, fasilitas yang digunakan dalam kehidupan di dunia pun haram. Maka doa tersebut tidak diterima oleh Allah.

Lebih lanjut, Syaifudin mengatakan bahwa prinsip dasar yang harus dipegang oleh setiap Muslim adalah “setiap kita ini yakin wa bil akhirati hum yuqinun, semua kita ini yakin bahwa akhirat itu pasti ada, dan setiap kita nanti pasti akan menghadapi kehidupan akhirat, serta juga mempertanggungjawabkan seluruh apa yang kita lakukan dalam kehidupan dunia ini”.

Di akhir paparannya, ia menyampaikan bahwa tidak ada kata terlambat bagi seseorang untuk mengintrospeksi diri, selama Allah masih memberikan waktu dan kemampuan. “Koreksilah diri kita ini sebelum nanti kita akan dikoreksi oleh Allah”. (silvi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *