Berita

Kembangkan Karakter Dosen, Uhamka Adakan Baitul Arqam

Jakarta, Suara ‘AisyiyahLembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqam Dosen Uhamka dengan tema “Mengenal dan Mengabdi untuk Uhamka Berkemajuan” yang berlokasi di Aula Rusunawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka pada tanggal 23-25 Mei 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I, Bunyamin selaku Wakil Rektor IV, Muhib Rosyidi selaku Ketua LPP AIK, Irwan Baadila selaku Master of Training, Totong Heri selaku Divisi Pengembangan Kampus Islami, serta peserta Baitul Arqam Uhamka.

Totong Heri mengungkapkan bahwa Baitul Arqam merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan dan meningkatkan persentasi dosen menjadi seratus persen sebagai dosen di salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan, yaitu Uhamka.

Alhamdulillah, peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 20 peserta. Bapak dan Ibu, Baitul Arqam ini diadakan sebagai syarat agar Bapak/Ibu dapat menjadi dosen 100 persen di Uhamka,” ujar Totong.

Baca Juga: Sembilan Prinsip Kaderisasi Digital

Muhib Rosyidi berharap Baitul Arqam ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta. Bukan hanya ilmu dan pengalaman, tapi juga relasi yang luas karena dapat bertemu dengan dosen-dosen lainnya.

“Jika kita ingat kisah Rasulullah yang menginap di Gua Hira, dari situ ia mendapatkan nilai orientasi. Rasulullah tidak lagi memikirkan kepentingan yang lama, tapi berorientasi ke depan. Pada orientasi ini, kemampuan Bapak/Ibu bukan diragukan tapi diarahkan. Semoga orientasi ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta. Bukan hanya ilmu dan pengalaman, tapi juga relasi yang luas,” tuturnya.

Sementara itu, Gunawan menyampaikan bahwa Baitul Arqam menjadi basis pengembangan karakter dosen Uhamka, khususnya persyarikatan Muhammadiyah. Ini merupakan hal penting agar dosen Uhamka lebih mendalami dan menegenal Muhammadiyah dan tidak lagi salah pemahaman tentang Muhammadiyah. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan para dosen bisa mengintegrasikan ilmu yang dimiliki dengan nilai Islam.

“Dalam persyarikatan Muhammadiyah, Baitul Arqam ini memayungi dharma lainnya. Karena dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah terdapat tugas pokok dosen, yaitu mengintergrasikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam pembelajaran,” imbuhnya. (latif/sb)

Related posts
Berita

BTM Banyumas Mantapkan Ideologi Muhammadiyah Pegawai Lewat Perkaderan Baitul Arqam

Purwokerto, Suara ‘Aisyiyah – Direktur Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Banyumas, Jawa Tengah secara simbolis menyerahkan 37 peserta perkaderan Baitul Arqam Kepada Ketua…
Berita

Rektor Uhamka Inisiasi Program Merdeka Belajar Tenaga Kependidikan PTMA

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro dalam seminar Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di IKIP Muhammadiyah…
Berita

Guru ISMUBA SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Gelar Baitul Arqam untuk Guru dan Karyawan

Banyumas, Suara ‘Aisyiyah – Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, Khomsi menerima secara simbolis 66 peserta perkaderan Baitul…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *