Berita

Kemenkes Terbitkan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI) didirikan atas pelaksanaan akreditasi rumah sakit yang berpedoman pada Undang-Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit dan Peraturan Pemerintah No 47 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang perumahsakitan.

Sekadar diketahui, LARSI didirikan pada tanggal 13 September 2021 dengan berbadan hukum perseroan terbatas. LARSI kemudian disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor AHU-0057880.AH.01.01 pada tanggal 16 September 2021. Ditetapkan sebagai lembaga independen penyelenggaraan akreditasi RS berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 2021.

Agus Samsudin menerangkan bahwa LARSI dibentuk untuk menjadi lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit yang berkomitmen pada mutu pelayanan, keselamatan pasien, dan kesinambungan rumah sakit, serta bertujuan agar dapat membantu pemerintah dalam percepatan penyelenggaraan akreditasi rumah sakit di Indonesia secara profesional dengan mengusung nilai-nilai yang mengandung integritas, humanis, kesetaraan, kompeten, dan team work.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Resmikan Pembangunan RSM Bandung Selatan

Sedangkan Slamet Budiarto selaku direktur utama PT LARSI MENTARI MEDIKA menerangkan bahwa LARSI akan menyelenggarakan survei akreditasi rumah sakit yang bermutu, berfokus pada keselamatan pasien, dan pertumbuhan rumah sakit. Selain itu juga akan melakukan pengembangan kompetensi surveyor yang profesional dan independen secara berkelanjutan.

Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua Umum Haedar Nashir mengucapkan  selamat atas terbitnya Surat Keputusan (SK) Kemenkes kepada LARSI yang diinisiasi oleh MPKU PP Muhammadiyah, Asosiasi RS: ARSAMU, ARSINU serta organisasi profesi: IDI, PPNI, dan IAI. Dengan terbitnya SK ini diharapkan akan menjadi lebih mudah dalam mengkoordinasikan dan menjalankan fungsi-fungsi profesionalitas dalam memajukan rumah sakit di Indonesia dalam rangka usaha mencerdaskan, membawa, serta membangun kesehatan bangsa. (budi)

Related posts
Berita

MPKU Muhammadiyah dan USAID Serahkan Alat Tes TCM Tuberculosis ke RS PKU Muhammadiyah Gamping

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPKU PP Muhammadiyah) bekerja sama dengan USAID menyerahkan alat tes cepat…
Berita

Ketua MPKU PP Muhammadiyah Terangkan Tantangan Rumah Sakit Muhammadiyah

Palembang, Suara ‘Aisyiyah – Dewasa ini, rumah sakit menghadapi tantangan antarkemanusiaan dan bisnis. Hal itu disampaikan oleh Agus Samsudin selaku Ketua Majelis…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.