Kenali Tiga Manfaat Bangun Pagi

Gaya Hidup Info Sehat 5 Jul 2021 0 59x

Oleh: Cheny Kurata A’yun*

Bangun di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bagi seorang muslim, kebiasaan bangun pagi sudah seharusnya menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan karena berkaitan dengan kewajiban salat Subuh yang harus dilakukan setiap harinya.

Meski banyak manfaat yang diperoleh dari bangun pagi, sayangnya, tidak semua orang dapat bangun pagi. Kesulitan bangun di pagi hari biasanya disebabkan tidur larut malam. Sedangkan tidur larut malam merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi tubuh. Tubuh akan cepat merasa lelah pada siang hari dikarenakan tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Terdapat banyak hadis tentang keutamaan bangun pagi, di antaranya Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim,

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Artinya, setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika ia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Pada pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan, ia menjadi tidak ceria dan malas”.

Keutamaan bangun pagi sejalan dengan berbagai manfaat yang diperoleh, antara lain: Pertama, mudah menyerap ilmu. Istirahat yang tepat dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih dan segar. Shubuh merupakan waktu di mana pikiran menjadi lebih jernih dan memiliki tingkat pemahaman dan konsentrasi yang tinggi. Kondisi tersebut dapat mengoptimalkan penyerapan informasi sehingga baik digunakan untuk menambah ilmu maupun wawasan pada pagi hari.

Baca Juga: Hati-hati, Dampak Negatif Penggunaan Gawai Terhadap Kesehatan

Kedua, menyehatkan. Keutamaan bangun pagi juga memberikan manfaat secara jasmani. Pagi hari sangat baik digunakan untuk kegiatan berolahraga yang dapat berguna untuk menyehatkan dan melatih tubuh sehingga siap melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, kadar gas ozon pada pagi hari cukup tinggi sehingga sangat baik bagi tubuh karena belum terkontaminasi dengan berbagai gas yang dapat menyebabkan pencemaran udara.

Ketiga, terbukanya pintu rezeki. Bangun pagi dapat membuka pintu rezeki bagi orang-orang yang menjadikan pagi hari sebagai permulaan dalam menjalani hari. Tidak hanya manusia, makhluk Allah swt. yang lainnya pun juga melakukannya, seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Dari uraian tersebut, dapat terlihat bahwa bangun pagi memiliki banyak keutamaan bagi manusia baik secara jasmani maupun ruhani. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bangun pagi. Sudahkah Anda bangun pagi hari ini?

*Mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Sumber: Khairiati, A. (2017). Spirit bangun pagi dalam meningkatkan etos kerja (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Tinggalkan Balasan