Kerja Sama dengan PKU Muhammadiyah Sukmajaya, TK Aisyiyah 23 Kota Depok Selenggarakan Penyuluhan Kesehatan Gigi

Berita 22 Okt 2021 0 132x

Depok, Suara ‘Aisyiyah – Mengisi peringatan maulid Nabi Muhammad saw., Klinik PKU Muhammadiyah Sukmajaya bekerja sama dengan TK ‘Aisyiyah 23 Kota Depok mengadakan penyuluhan kesehatan gigi secara daring melalui Google Meet pada Kamis, (21/10).  Dengan mengangkat tema “Cara Rasulullah Merawat Kesehatan Gigi”, penyuluhan ini hendak mengajak murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok yang berusia 4 sampai 6 tahun agar sejak dini meneladani perilaku hidup teladan sepanjang masa, yaitu Rasulullah Muhammad saw.

Pembawa acara kegiatan ini adalah Diana selaku guru kelas TK B yang memandu kegiatan dari awal sampai akhir. Setelah 22 murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok hadir dan menampakan wajah dengan membuka kamera masing-masing, Diana menyemangati dengan mengajak murid-murid tepuk semangat.

Acara penyuluhan ini diawali dengan pembacaan Al-Qur’an surat Al-Ma’un yang dilantunkan dengan baik oleh ananda Ziyad dari kelas TK B. Kemudian disambung dengan sambutan dari Kepala Sekolah TK Aisyiyah 23 Kota Depok, yaitu Arifani. Selanjutnya acara dibuka oleh Ketua Bagian Pendidikan Ranting ‘Aisyiyah Grand Depok City (GDC), yaitu Nini Raihani yang turut mengajak murid-murid senantiasa menjaga kebersihan dan semakin mencintai Rasulullah Muhammad saw.

Penyuluhan kesehatan gigi dilakukan oleh dokter gigi Hastin Afitri. Dokter Hastin mengawali dengan menjelaskan jenis-jenis gigi yang terdapat di dalam mulut. Ada gigi seri di bagian depan untuk mengigit makanan, gigi taring untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Dokter Hastin menjelaskan kepada teman-teman kecil murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok bahwa gigi harus dibersihkan dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Ia juga menyampaikan waktu yang tepat untuk menyikat gigi, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

Dokter Hastin mengungkapkan bahwa Rasulullah Muhammad saw. senantiasa membersihkan gigi dengan cara bersiwak, yaitu suatu batang dari tumbuhan atau pohon Siwak. Batang siwak yang ujungnya berserabut digunakan dengan cara digosok-gosokan ke sela-sela gigi. Rasulullah Muhammad saw. senantiasa membawa siwak di kantong bajunya agar dapat membersihkan gigi setiap saat. Zaman Rasulullah Muhammad saw. menggunakan siwak karena saat itu belum ditemukan sikat dan pasta gigi.

Selanjutnya, dokter Hastin menerangkan makanan-makanan sehat dan bergizi, seperti keju, susu, dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan gigi. Berikutnya dipaparkan kenapa gigi bisa berlubang dan hal-hal yang dilakukan untuk mencegah gigi berlubang, juga dijelaskan agar sejak dini anak-anak rutin ke dokter gigi setiap dua kali dalam setahun.

Kegiatan penyuluhan diakhiri dengan menyaksikan tayangan animasi cara menyikat gigi yang baik dan benar serta mencegah gigi berlubang. Selama penyuluhan berlangsung, murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok antusias menyimak saat dokter Hastin melontarkan beberapa pertanyaan dari slide yang ditampilkan.

Murid-murid TK Aisyiyah 23 Kota Depok pun mengucapkan secara serentak “terima kasih dokter Hastin” dengan membuka microphone di perangkat gawai masing-masing, sebelum dokter Hastin menyudahi penyuluhan kesehatan gigi yang menambah ilmu untuk diamalkan oleh setiap murid dalam keseharian. (Arifani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *