Berita

Kerja Sama dengan PRA Tamantirto Selatan, Dosen UMY Adakan Pelatihan Wirausaha

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahPeran wirausaha perempuan semakin penting dalam menggerakan perekonomian Indonesia. Sebanyak 40-50% UMKM di Indonesia digerakkan oleh kaum perempuan. Kehadiran wirausahawan perempuan ini menjadi sedemikian jamak di era pandemi Covid-19. Situasi krisis malah memicu kemunculan kreativitas-kreativitas baru. Banyak  ibu rumah tangga yang membuka usaha dalam skala kecil-kecilan, di sektor e-commerce, kuliner, kerajinan, dan lain-lain.

Karena peran penting wirausaha dalam menggerakkan perekonomian Indonesia, maka berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan lembaga lain termasuk perguruan tinggi untuk menimbulkan minat wirausaha di kalangan masyarakat. Salah satu upaya yang dianggap bisa memotivasi munculnya wirausaha baru adalah dengan memberikan pelatihan kewirausahaan. Upaya itulah yang dilakukan oleh dosen dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Program pelatihan kewirausahaan ini bekerja sama dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Tamantirto Selatan, yang bertujuan untuk memotivasi ibu-ibu ‘Aisyiyah Tamantitro Selatan untuk berwirausaha,” ujar Imam Bintoro selaku ketua pelaksana program.

Baca Juga: Literasi Digital Tingkatkan Keberdayaan Ekonomi Perempuan

Sementara itu, Rita Kusumawati selaku tim pelaksana program menambahkan bahwa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada hari Ahad (27/3) bertempat di TK ABA Kembaran adalah penyuluhan motivasi wirausaha dan pelatihan pengolahan makanan ayam krispi, usus krispi, dan jamur krispi.

Pelatihan ini diapresiasi oleh pihak PRA Tamantirto Selatan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada UMY dan kepada pak Imam serta bu Rita yang telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan ini,” ujar Sri Wahyu Hidayati selaku Ketua PRA Tamantirto Selatan.

Lebih lanjut, Sri mengungkapkan harapannya semoga dengan pelatihan ini ibu-ibu bisa menindaklanjuti dengan membuka usaha, sehingga bisa memperbaiki dan meningkatkan ekonomi keluarga. (rita/sb)

Related posts
Berita

Dapat Ide saat KKN dan Buat Film saat Skripsi, Film Subuh Kembali Menang Festival

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Film Subuh (Miracle at Dawn)  memperoleh apresiasi. Film ini terpilih Family Sunday Movie edisi April 2022 yang dihelat…
Berita

Dongkrak Promosi Sekolah, MKKS Muhammadiyah Kabupaten Magelang Gandeng FEB dan Fisipol UMY

Magelang, Suara ‘Aisyiyah – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah Kabupaten Magelang bekerja sama dengan FEB dan Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)…
Berita

Tingkatkan Fluorising Warga Aisyiyah, Dosen UMY Selenggarakan Pelatihan Budidaya Anggrek

Sleman, Suara ‘Aisyiyah – Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia dalam waktu panjang saat ini memberikan berbagai dampak yang luas bagi masyarakat,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.