Ketua Majelis Dikdasmen PDA Bantul: Kolaborasi adalah Kunci Sukses Amal Usaha Aisyiyah

Berita 5 Okt 2021 0 56x

Amal Usaha AisyiyahBantul, Suara ‘Aisyiyah – Konsolidasi organisasi sangat penting untuk dilaksanakan agar amal usaha tetap berkibar. Demikian ujar Ketua Majelis Dikdasmen PDA Bantul Tutik Saptiningsih dalam kegiatan  “Sapa Kepala ABA Se-Kabupaten Bantul”, Ahad (3/10).

Tutik mengatakan, selain konsolidasi organisasi, cara agar amal usaha ‘Aisyiyah, khususnya TK ABA, dapat tetap berkibar adalah kepala TK ABA harus melaksanakan manajemen dengan baik. Jika dijalankan dengan baik, amal usaha akan jaya dan terus berkemajuan.

Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam lembaga TK ABA, tegasnya, harus tanggap dan tangguh. Tanggap adalah mengetahui kondisi yang terjadi di lingkungan sekitar, sedangkan tangguh berarti kuat dan tahan banting.

“Sekarang kita hidup pada zaman pandemi, berarti sekolah harus siap dengan protokol kesehatan dan daftar periksa kesehatan. Kita juga hidup pada zaman teknologi yang berkembang pesat, sehingga kepala sekolah dan guru wajib memiliki kemampuan teknologi. Saat ini pemerintah sedang menggalakkan merdeka belajar, maka ikutilah programnya dengan menjadi kepala sekolah penggerak atau guru penggerak,” sarannya.

Baca Juga: Mengenal Siti Umniyah: Sosok Pendiri TK ABA

Kepala TK ABA juga harus inovatif dan kreatif. Masa abad 21 merupakan masa kreatif dan inovatif. Oleh karenanya, ia mengingatkan, kepala sekolah dan guru ‘Aisyiyah harus berkreasi sedemikian rupa sehingga mampu bertahan menghadapi era revolusi industri 4.0.

Tutik menjelaskan, supaya bisa kreatif, kepala sekolah dan guru harus senantiasa berpikir positif dan melakukan pemetaan aset yang dimiliki. Ada tujuh aset yang perlu dikenali, yakni: manusia, sosial, fisik, finansial, lingkungan, politik, dan agama. Dari hasil pemetaan aset tersebut, sekolah bisa menentukan kreativitas yang dapat dikembangkan untuk memajukan sekolah.

Terakhir, Tutik menjelaskan, kepala TK ABA harus membangun kolaborasi dengan berbagai lembaga, amal usaha, atau organisasi lain. Kolaborasi merupakan kunci sukses untuk bertahan dalam berbagai kondisi, terlebih saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Dengan kolaborasi, tugas kita yang banyak dan cita-cita yang tinggi, bisa tercapai,” pungkasnya. (Mai La)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *