Ketua Umum ‘Aisyiyah, Raih Gelar Doktor

Berita 10 Dec 2020 0 58x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah- Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, meraih gelar doktor dalam Promosi Doktor yang digelar Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia pada Selasa (8/12).

Dengan judul disertasi “Dinamika Pembentukan Identitas Organisasi Studi Kasus RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.” Noordjannah menjelaskan bahwa identifikasi anggota identitas organisasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah bersarang atau tertanam kuat (nested identity) dengan ciri Islam, Al-Ma’un, dan Kemuhammadiyahan. Selain itu, proses identifikasi menyatu dalam kesadaran individu secara kolektif dari para anggota berupa pengetahuan, motivasi, dan komitmen, serta orientasi tindakan.

Menurut Noordjannah, penelitian ini secara teoritik menghasilkan konseptualisasi dan teoritisasi tentang identitas organisasi yang didasarkan pada nilai-nilai keagamaan (Islam, Al-Ma’un, dan Kemuhammadiyahan), yaitu “religiosity organizational identity” (identitas organisasi keagamaan) pada Rumah Sakit Islam tertua dan masih mempertahankan orientasi sosial non-profit tanpa kehilangan identitas dinamis dalam menghadapi orientasi profesional dan profit di era perkembangan organisasi modern.

Selanjutnya, Noordjannah memaparkan beberapa hal yang menjadi rekomendasi dari disertasinya : Pertama, RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta penting dikembangkan menjadi RS role model (uswah hasanah) yang memiliki identitas organisasi berbasis nilai keagamaan yaitu Islam, Al-Ma’un, dan Kemuhammadiyahan. Karenanya diperlukan penguatan manajemen profesional-modern dan kepemimpinan institusional. 

Kedua, Muhammadiyah penting mengembangkan identitas organisasi Amal Usaha Kesehatan berfitur khusus Al-Ma’un yang dikelola secara lebih modern-profesional dengan branding khusus seperti : “Rumah Sakit Al-Ma’un”, “Poliklinik Al-Ma’un”, “Balai Kesehatan Al-Ma’un”, dan Gerakan “Pelayanan Kesehatan Umum Al-Ma’un,” secara kreatif-inovatif. (Suri)

 

Leave a Reply