Berita

Kuliah Umum Perdana AKMT Temanggung Hadirkan Wakil Menteri Kesehatan RI

Temanggung, Suara ‘Aisyiyah Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) sukses menyelenggarakan Kuliah Umum dan Seminar Nasional pada Senin (18/9) di Graha Bhumi Phala Temanggung. Para mahasiswa baru dan orang tua, memenuhi aula pertemuan beserta tamu undangan dari jajaran pemerintah daerah kabupaten, para kepala sekolah tingkat menengah atas, para staf  Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Temanggung yang diwakilkan oleh asisten bagian pemerintahan menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya pendirian Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) yang membuka program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Direktur  AKMT, Galih Herlambang yang menjadi narasumber dalam seminar juga memaparkan hal-hal pokok dan prospek kedepan bagi para mahasiswa baru setamat dari pendidikan nanti. Sistem digitalisai rekam medis menjadi acuan dasar dalam pelaksanaan perkuliahan dan telah dipersiapkan walaupun hal-hal yang konvensional harus diketahui menuju arah digitalisasi.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Sasongko Harbuwono yang menjadi pembicara utama dalam seminar yang disampaikan secara daring, menekankan satu data kesehatan dalam dunia kesehatan dan harus dilakukan. Implementasi dari satu data elektronik kesehatan yang dipakai, memberikan hemat anggaran dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting di bidang kesehatan. “ Alhamdulilah RS PKU Muhammadiyah Temanggung yang merupakan salah satu rumah sakit yang telah menggunakan sistem data kesehatan elektronik di rekam medis dalam pelayanannya, akan menjadi salah satu tempat praktik dari para mahasiswa AKMT saat melaksanakan praktik lapangan. Program rekam medis yang merupakan salah satu jurusan yang menuntut kekinian di bidang digital, menjadi salah satu pilihan saat ini dan mempunyai banyak peluang,” terangnya.

Baca Juga: Tok! Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung Diresmikan

Pada acara tanya jawab, salah satu peserta seminar menanyakan kekhawatiran jebol-nya data pasien dengan sistem data elektronik yang berdampak negatif dan fatal. Dari  pertanyaan tersebut, Dante memberikan jawaban,” insyaallah datanya aman dan tidak jebol, saat ini Kementerian Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan Kemenfo untuk mengantisipasi hal dimaksud dengan menggunakan Satelit Satria satu untuk menjaga keamanan data-data tersebut,” imbuhnya.

Kuliah umum bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa baru dan para kepala sekolah menengah atas sebagai input dari para calon mahasiswa dan menginformasikan kepada para tamu undangan secara umum. Para pengurus ‘Aisyiyah dari tingkat ranting hingga daerah yang telah berperan aktif, mempunyai tanggungjawab untuk membesarkan AKMT secara internal maupun eksternal. 58 mahasiswa baru angkatan pertama pada tahun 2023 patut disyukuri dan akan melaksanakan perkuliahannya di kampus baru di Jl. Gerilya Kowangan Temanggung. (A Khamid/sa)

Related posts
Berita

HIMASI Farmasi Uhamka Sukseskan Gelar Seminar Nasional

Jakarta Timur, Suara ‘Aisyiyah – Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Farmasi dan Sains (HIMASI) UHAMKA sukses menggelar Seminar Nasional yang meriah pada Ahad…
Berita

Ravik Karsidi: Dunia Dihadapkan pada Kondisi yang Cepat Berubah, Tidak Terduga, dan Sulit Diprediksi

Karanganyar, Suara ‘Aisyiyah – Staf Khusus Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK),  Ravik Karsidi, memberikan pandangan mengenai kondisi dunia global…
Berita

Tok! Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung Diresmikan

Temanggung, Suara ‘Aisyiyah – Sejak belasan tahun lamanya merindukan berdirinya sebuah perguruan tinggi, akhirnya segala perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan membuahkan hasil…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *