Hikmah

Kumpulan Doa Hari Arafah, Mustajab

Doa Hari Arafah

Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak doa di hari Arafah (yaum ‘Arafah). Dalam hadits riwayat at-Tirmidzi disebutkan, sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Di hadits lain disebutkan bahwa pada hari itu, Allah akan membebaskan seseorang dari neraka.

قَالَتْ عَائِشَةُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِي بِهِمْ الْمَلَائِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلَاءِ

Artinya, “dari ‘Aisyah, sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim).

Berikut beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Lā Ilāha illa Allāhu wahdahū lā syarīka lahu, lahu al-mulku wa lahu al-hamdu wa huwa ‘alā kulli syai’in qadīr

Artinya, “Tidak ada Tuhan kecuali Allah semata. Tiada sekutu baginya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala pujian. Dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu” (HR. Bukhari).

Dianjurkan pula membaca sayyidul istighfar:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أبوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allāhumma Anta Rabbi, lā Ilāha illā Anta, khalaqtanī wa ana ‘abduka, wa ana ‘alā ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’ūżubika min syarri mā shana’tu, abū u laka bi ni’matika ‘alayya, wa abū u bi żanbī faghfirlī, fa innahū lā yaghfiru aż-żunūba illa Anta

Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menepati perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau” (HR. Bukhari).

Selain itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak mengucap tahlil, takbir, dan tahmid. Sebab pada hari Arafah, Allah menurunkan rahmat dan ampunan bagi hamba-Nya. (bariqi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.