Lapangan Kerja Minim, Rumah Pintar Matahari PCM Krembangan Gelar Pelatihan Las Listrik Gratis

Berita 1 Jul 2021 2 401x
Pelatihan Las Listrik PCM Krembangan

Pelatihan Las Listrik PCM Krembangan

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Guna mewujudkan kemandirian wirausaha, terutama di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, Rumah Pintar Matahari (RPM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya menggandeng Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS) untuk menggelar pelatihan las listrik secara gratis. Pelatihan ini bertempat di halaman SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Ahad (27/06/2021) dengan peserta dibatasi maksimal 10 orang.

Ketua Bidang Kewirausahaan RPM, Lanang Santoso mengungkapkan bahwa banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama sektor perekonomian, mulai dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga sulitnya mencari pekerjaan. Perekonomian warga merosot tajam.

Oleh sebab itu, ia bekerja sama dengan KMS berinisiatif menggelar pelatihan las listrik secara gratis bagi warga yang kurang mampu di daerah sekitar Krembangan, juga binaan RPM, supaya peserta mempunyai keahlian dan bisa membuka usaha bengkel las sendiri.

“Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan las listrik secara gratis yang digelar Rumah Pintar Matahari kerja bareng Komunitas Muda-Mudi Surabaya, mudah-mudahan para peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sehingga bisa digunakan untuk membuka lapangan kerja sendiri,” harap Santoso.

Baca Juga: Gerakan Inovatif, Perlu Kepemimpinan Transformatif

Salah satu peserta, Muhammad Choiri mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh RPM dan KMS ini. Menurutnya, kegiatan ini akan bermanfaat bagi warga sekitar, terutama warga yang terdampak pandemi Covid-19 yang belum jelas ujungnya.

“Setelah mengikuti pelatihan las listrik, ada keinginan saya untuk membuka bengkel las sendiri, karena sudah paham teknik las listrik. Saya juga berharap tidak hanya pelatihan las listrik saja, namun juga pelatihan yang lain sehingga menunjang keahlian kami warga sekitar Krembangan, agar dapat membuka lapangan kerja sendiri,” ungkap Choiri.

Sementara itu, Ketua Komunitas Muda-Mudi Surabaya Zubaidullah mengungkapkan pelatihan las listrik secara gratis diberikan tiap Minggu. Selain masyarakat umum, peserta juga berasal dari kaum difabel. Untuk meringankan beban mereka memulai usaha, pihaknya telah menyiapkan bengkel las listrik di jalan Kendangsari gang IV.

“Seluruh peserta bisa menggunakan alat di bengkel secara gratis. Dari pelatihan ini beberapa kali anggota pelatihan kami juga mendapatkan orderan las listrik, semisal pembuatan pagar besi”,” ujar Zubaidullah yang akrab dipanggil Cak Ubaid. (Yuda/sb)

2 thoughts on “Lapangan Kerja Minim, Rumah Pintar Matahari PCM Krembangan Gelar Pelatihan Las Listrik Gratis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *