Berita

Latih Kemandirian Siswa, SD MuhlaS Gelar Outing Class

SD MuhlaS

Surabaya, Suara ‘AisyiyahSekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD MuhlaS) jenjang kelas IV menggelar Outing Class di Eduwisata Bhakti Alam Pasuruan pada Kamis (23/2).

Wali kelas IV Al-Fajr Istianah Hajar menjelaskan, Outing Class adalah kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas di mana tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, serta diikuti 145 siswa dan 9 guru pendamping.

“Outing Class tersebut merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung,” terangnya.

Lanjut Istianah, beberapa kegiatan Outing Class yang dilaksanakan di Eduwisata Bhakti Alam Pasuruan terdiri dari edukasi tanam padi, perah susu, pabrik susu, serta keliling perkebunan.

Baca Juga: Membangun Karakter Anak Lewat Mendongeng

“Banyak pelajaran yang diberikan, mulai mendapatkan pengalaman mengelola sumber daya alam, terutama di bidang pertanian dan peternakan. Setiap peserta didik akan melihat dan merasakan secara langsung cara menanam dan merawat padi, memerah susu sapi, bahkan sampai proses pasteurisasi susu yang akhirnya bisa diminum bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya, Mursiah menjelaskan, secara umum tujuan Outing Class di bakti alam adalah melatih kekompakan, tanggung jawab dan kemandirian, meningkatkan kecerdasan sosial, mendekatkan anak dengan alam, serta memindahkan tempat pembelajaran di dalam kelas ke alam bebas.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Outing Class tersebut para peserta didik bisa lebih enjoy dalam menerima ilmu pengetahuan serta meningkatkan kemandirian,” tutupnya. (Yuda Panuluh/sb)

Related posts
Berita

Jelang Muhammadiyah Future School, SD Muhlas Bentuk Tim Kreatif

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Non-Formal (Dikdasmen-PNF) akan menyelenggarakan penilaian…
Berita

Jelang Semester Genap, SD Muhlas Gelar Rapat Kerja dan Evaluasi

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Setiap satuan pendidikan selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan menyuguhkan berbagai inovasi serta memberikan program yang berbeda…
Berita

Kado Akhir Tahun, Siswa SD Muhlas Raih Prestasi Tingkat Kota hingga Provinsi

Surabaya, Suara ‘Aisyiyah – Musim libur sekolah dan libur akhir tahun dimanfaatkan sebagian besar orang untuk refreshing. Hal tersebut berbeda dengan siswa…

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *