Berita

Lazismu dan Enuma Gandeng The HEAD Foundation Luncurkan Program EdutabMu

EdutabMu Lazismu

Yogyakarta, Suara ‘AisyiyahMuhammadiyah sebagai organisasi yang memiliki 2.668 sekolah jenjang pendidikan dasar secara konsisten menunjukkan kepedulian serta terjun langsung di lapangan untuk memastikan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan, khususnya di sekolah terus dipraktikkan. Untuk itulah, program EdutabMu (Edukasi Tablet Muhammadiyah) digulirkan.

Program Edutabmu adalah salah satu program Inovasi Sosial Lazismu di bidang pendidikan dengan pelaksana program Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah menggunakan aplikasi Sekolah Enuma yang dikembangkan oleh Enuma, Inc. yang berbasis di California.

Dalam aplikasi sekolah Enuma ini, siswa dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan guru untuk tiga bidang pembelajaran, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika. Selain itu, ada ratusan buku anak-anak yang dapat diakses melalui aplikasi ini, tanpa jaringan internet atau nir internet.

Menurut Abdulah Mukti, pengurus Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah sekaligus Manajer Program EdutabMu, “program EdutabMu tahap awal lalu mendapatkan respons positif dari berbagai pihak”.  Ia juga menyampaikan bahwasanya sekolah yang terlibat dalam program EdutabMu dapat membantu meningkatkan capaian literasi dasar siswa dan meningkatkan brand image sekolah Muhammadiyah.

“Sebagai bentuk keberlanjutan program EdutabMu, Lazismu dan Enuma kemudian menggandeng The HEAD Foundation (THF) yang bermarkas di Singapura untuk mendukung implementasi program melalui pemberian dana hibah sebesar SGD 400.000 selama dua tahun untuk penggunaan aplikasi Sekolah Enuma pada cakupan lebih luas yang meliputi beberapa provinsi luar Jawa, seperti Sumatera Utara, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan yang melibatkan 3.097 siswa sekolah, 54 SD Muhammadiyah dan 825 Tablet  yang sepenuhnya dikelola oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah,” kata Mahli Zainuddin Tango, Ketua Badan Pengelola Lazismu.

Baca Juga: Fonds-Dachlan: Program Internasional Pertama Muhammadiyah

Terjalinnya kerja sama ini, kata Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Muarawati Nur Malinda, merupakan kepercayaan besar yang diberikan oleh mitra internasional seperti The HEAD Foundation, melanjutkan kepercayaan yang diberikan oleh Enuma, Inc. kepada Lazismu untuk mendukung program Edutabmu.

Lazismu, lanjutnya, berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar 4.3 miliar untuk pembelian tablet, insentif guru, persiapan, dan seleksi sekolah, dll.  Dana hibah yang disediakan oleh THF akan digunakan untuk lisensi Sekolah Enuma.

Lazismu akan menyiapkan seluruh kebutuhan dana pelaksanaan program EdutabMu tersebut mulai dari penyediaan tablet, insentif bagi guru, dan pelaksana program serta biaya pelaksanaan lainnya seperti training dan monev. Sementara Enuma akan memastikan Aplikasi Sekolah Enuma versi terbaru sudah terpasang di tablet dan tersedianya dukungan troubleshooting serta pembaharuan konten yang sesuai dengan konteks Pendidikan terkini.

Kolaborasi Sinergi dan Kerja sama ini telah ditandatangani oleh ketiga pihak sebelumnya di Kantor PP Muhammadiyah 6 Juni 2022 yang lalu. Menindaklanjuti penandatanganan tersebut, Rabu (19/10) dirilis peluncuran Program EdutabMu Batch II di Gedung Ruang Amphitheater Kedokteran UAD.

“Dari hasil Monitoring dan Evaluasi (monev) pelaksanaan program EdutabMu pada 2021, jelas sekali bahwa program tersebut memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran siswa,  peningkatan kapasitas guru, bahkan peningkatan jumlah siswa yang mendaftar di sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran mandiri berbasis Sekolah Enuma,” Kata Kasiyarno, Penanggung Jawab Program Edutabmu yang juga Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.

CEO Enuma, Inc. Sooinn Lee mengaku senang dapat membantu guru-guru di Indonesia melalui skema kerja sama ini. “Kami senang Sekolah Enuma dapat mendukung guru-guru untuk memberikan pembelajaran individual yang lebih baik untuk setiap siswa melalui pelatihan dan keterlibatan anak-anak dalam aplikasi kami. Sangat menggembirakan untuk melihat Muhammadiyah dan Lazismu memimpin gerakan inklusi digital di sekolah-sekolah,” katanya. (Abdulah Mukti/sb)

Related posts
Berita

Lazismu Gelar Pameran Produk Ecoprint di Puncak Becici

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Pameran Produk Ecoprint Program Pemberdayaan UMKM Lazismu Pusat 2022-2023 digelar di Puncak Becici, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta…
Berita

Usung Produk Unggulan Ecoprint, Lazismu Semarakkan Zakat Expo 2022

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Indonesia Giving Fest-Zakat Expo 2022 resmi dibuka pada Jumat (23/12) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Mengusung tema “The…
Berita

Kolaborasi Lazismu dan UPZDK Permatabank Syariah Luncurkan Tiga Program Pemberdayaan

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Sebagai bentuk ikhtiar dalam membangkitkan kembali perekonomian dan membantu mereka yang terdampak pandemi, Lazismu bersama Unit Pengelola Zakat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *