Lazismu Mantrijeron Gelar Closing Ceremony Program 2021

Berita 31 Des 2021 0 46x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah Sebagai penutup program dan penyaluran pada tahun 2021, Kantor Layanan Lazismu Mantrijeron menyelenggarakan Closing Ceremony Program Lazismu Mantrijeron 2021 di Masjid Danunegaran yang beralamatkan di jalan Parangtritis no. 24, Mantrijeron, Yogyakarta, Ahad (26/12).

Acara Closing Ceremony Program Lazismu Mantrijeron 2021 ini terdiri dari 3 kegiatan, yaitu pembinaan terakhir untuk Anak Asuh Program Pendidikan Beasiswa Darwis pada periode Juli-Desember 2021, penyerahan Bantuan Program Kolaborasi Kebaikan untuk Ketahanan Pangan, serta penyerahan Program Hadiah untuk Jama’ah Istiqomah.

Program Beasiswa Darwis merupakan gerakan pengasuhan non mukim yang dikemas dalam bentuk pembinaan dan bantuan keringanan biaya pendidikan. Selain kegiatan pembinaan yang dilaksanakan tiap 2 pekan sekali, kebiasaan sholat dan hafalan siswa darwis menjadi salah satu hal yang terus dipantau oleh kakak-kakak mentor dengan harapan siswa darwis dapat berproses menjadi generasi yang lebih baik lagi.

Materi pembinaan Anak Asuh Program Pendidikan Beasiswa Darwis kali ini disampaikan oleh Cahyono selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu DIY. Dengan memberikan motivasi belajar kepada anak asuh Beasiswa Darwis, diharapkan mereka bisa lebih giat lagi dalam belajar agar mampu meraih cita-cita mereka dan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang senantiasa memberikan kemanfaatan untuk umat.

Closing Ceremony Program Lazismu Mantrijeron 2021 dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah DIY, Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Kota Yogyakarta, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron, Takmir Masjid Se-Mantrijeron yang menjadi mitra kebaikan dari Lazismu Mantrijeron, serta seluruh anak asuh Beasiswa Darwis Lazismu Mantrijeron.

Baca Juga: Lazismu Ditetapkan sebagai Fundraising Kemanusiaan Terbaik 2021

Dalam acara tersebut, Daelami selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron menyampaikan bahwa Program Kolaborasi Kebaikan untuk Ketahanan Pangan dari Lazismu Mantrijeron sebanyak 408 paket sembako telah disalurkan dengan total jumlah penerima manfaat kurang lebih 500 jiwa. Kemudian jumlah penerima manfaat untuk Program Dakwah Hadiah untuk Jamaah Istiqomah ada sebanyak 112 jiwa. Sehingga, secara keseluruhan, sudah ada 10.750 santunan yang diberikan oleh Lazismu Mantrijeron kepada para penerima manfaat yang berada di Kemantren Mantrijeron dan sekitarnya, serta yang berada di beberapa desa binaan Lazismu Mantrijeron selama tahun 2021.

Cahyono menyampaikan bahwa KL Lazismu Mantrijeron merupakan Kantor Layanan yang sehat. Sehat karena dipercaya oleh masyarakat dengan 2 capaian sebelumnya, pada tahun 2019 dan 2020 KL Lazismu Mantrijeron termasuk dalam Kantor Layanan yang teraudit oleh Kantor Akuntan Publik yang didatangkan oleh Lazismu Pusat.

Simbolisasi Bantuan Program Kolaborasi Kebaikan untuk Ketahanan Pangan diserahkan oleh Ketua Badan Pengurus Harian Lazismu DIY Cahyono. didampingi Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron, Daelami kepada perwakilan Takmir Masjid Mitra Kebaikan Lazismu Mantrijeron.

Program Kolaborasi Kebaikan untuk Ketahanan Pangan ini merupakan program sosial, kerja sama antara KL Lazismu Mantrijeron, Masjid se-Mantrijeron dan UMKM yang berada di sekitar Masjid Mitra Kebaikan. Skema tersebut, disamping memberikan bantuan berupa sembako rutin kepada masyarakat dhuafa yang terdampak pandemi, juga membantu UMKM sekitar sebagai bentuk pemberian stimulan bagi mereka agar usaha mereka bisa terus berjalan.

Selanjutnya, penyerahan simbolisasi Program Dakwah Hadiah untuk Jama’ah Istiqomah dilakukan oleh Sekretaris Badan Pengurus Harian Lazismu Kota Yogyakarta Bapak Zaenal kepada perwakilan Takmir Masjid Mitra Kebaikan Lazismu Mantrijeron. Adanya program tersebut merupakan bentuk penghargaan dari Lazismu Mantrijeron bagi para jamaah masjid dengan ekonomi menengah ke bawah yang rajin beribadah di masjid. Diharapkan, program ini dapat menjadi salah satu penyemangat bagi para jamaah dalam beribadah dan beramal.

Selain ketiga program di atas, Lazismu Mantrijeron juga memiliki beberapa program penyaluran lainnya yang meliputi pilar Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial, Dakwah, Kemanusiaan dan Lingkungan. Aktivitas penyaluran dan layanan lainnya dapat dilihat melalui Instagram KL Lazismu Mantrijeron. (Nur’aini Puji Lestari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *