Lazismu Pundong Salurkan 1000 Paket Sembako di 16 Pedukuhan Desa Seloharjo

Berita 21 Des 2021 0 58x

Bantul, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kapanewon Pundong menggelar kegiatan pentasharufan (penyaluran) sembako tahap II di Balai Kalurahan Seloharjo, Pundong, Bantul, Ahad (19/12). Dalam kesempatan tersebut ditasharufkan 500 paket sembako bagi warga di 16 pedukuhan se-Seloharjo dengan nilai setiap paket Rp100.000.00.

Pentasharufan tahap I sudah dilaksanakan pada hari Selasa 19 Oktober 2021 bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. di 14 Pedukuhan Desa Panjangrejo Pundong Bantul sebanyak 350 paket sembako, sedangkan tahap III InsyaAllah akan dilaksanakan bagi warga pedukuhan di Desa Srihardono pada bulan Januari 2022.

“Untuk tahap I mereka telah mentasharufkan tanggal 19 Oktober bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad saw. di Kalurahan Panjangrejo sebanyak 350 paket. Dan untuk penstasharufan selanjutnya Januari mendatang rencana di Srihardono. Mungkin jumlahnya akan lebih dari 1000 paket jika ditotal,” kata Ahmad Sholihin selaku Ketua Lazismu Pundong.

Pentasharufan tahap II secara simbolis ini dihadiri oleh Bapak Panewu Kapanewon Pundong, Kapolsek Pundong, Lurah Desa Seloharjo, Bapak Kadus, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pundong, Pimpinan Aisyiyah Pundong, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Seloharjo Barat dan Seloharjo Timur. Penerima manfaat di antaranya fakir, miskin, dhuafa, dan yatim piatu yang tergolong miskin.

“Penyerahan ini hanya simbolis mengingat situasi yang ada. Dan nantinya sembako akan diantar ke padukuhan masing-masing oleh relawan Lazismu, yaitu Angkatan Muda Muhammaduyah (AMM) dan Kokam Pundong,” terang Ahmad.

Baca Juga: Lazismu Ditetapkan sebagai Fundraising Kemanusiaan Terbaik 2021

Program ini bertujuan dalam upaya turut membantu pemerintah kepada warga masyarakat yang kesulitan terkait bahan makanan selama masa pandemi Covid-19.

Pada awal awal terjadinya Covid-19 hingga pertengahan tahun 2021, Lazismu Pundong juga sudah mentasharufkan sekitar 2000 paket sembako kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19 maupun yang sedang melakukan isolasi mandiri. Nilai paket bervariasi mulai dari 150 rb hingga 250 rb tergantung kondisi warga yang terdampak. Selain paket sembako, Lazismu juga memberikan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak Covid-19 mulai dari penyediaan oksigen gratis, oximeter, pelayanan antar jemput pasien Covid-19 dengan menggunanakn ambulance, serta pelayanan pemakaman jenazah Covid-19 dan non Covid-19.

Selain program paket sembako di atas, Lazismu Pundong juga memiliki program dan tengah dilaksanakan, yaitu Makan Jumat Berkah, Beasiswa Mentari, Pemberdayaan UMKM, Siaga Bencana, Bedah Rumah. (saiful hadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *