Lembaga Kebudayaan PP Aisyiyah Terbitkan Kumpulan Cerita Pendek Anak

Berita 4 Jan 2022 0 103x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Kebudayaan (LK) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (PP ‘Aisyiyah) menerbitkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) anak berjudul Meneladani Akhlak Rasulullah Muhammad Saw. pada Kamis (30/12). Disampaikan oleh Machsunah Syakir selaku Ketua LK, buku yang berisi 15 cerpen ini adalah para pemenang terpilih dari serangkaian kegiatan lomba menulis yang sudah dilaksanakan oleh LK pada bulan Juli-September 2021 yang diikuti oleh 165 peserta.

Machsunah mengatakan, cerita anak merupakan media yang sangat tepat untuk melakukan transformasi nilai-nilai kepada anak-anak dan menjadi dasar pembentukan karakter seorang anak. “Karakter inilah yang nantinya diharapkan menjadi landasan akhlaknya ketika anak dewasa,” terangnya.

Cerita anak yang memiliki sifat fun dan easy, menurut Machsunah, akan menjadi pintu masuk yang tidak berkesan menggurui, namun memiliki daya tanam yang luar biasa untuk pembentukan karakter dan akhlak seorang anak manusia.

Baca Juga: Harmoni Agama dan Seni Budaya

Machsunah berharap, adanya kegiatan lomba penulisan dan hingga terbitnya buku ini akan dapat meningkatkan dan menumbuhkan budaya literasi, serta memberikan alternatif bacaan yang bernuansa pendidikan karakter.

“Terima kasih kepada para penulis dan berbagai pihak yang telah berperan untuk terwujudnya buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi anak-anak, para orang tua, dan pendidik dalam mengantarkan menjadi generasi yang berakhlak mulia, bermankna bagi bangsa, dan agama,” ujarnya.

Atik Triratnawati, Antropolog Universitas Gajah Mada, yang menyampaikan resensi atas buku kumpulan cerpen ini menyebut bahwa anak jaman sekarang tidak memiliki panutan tokoh dalam berakhlak karimah. Oleh karena itu, ia mengapresiasi hadirnya buku ini yang sarat akan nilai-nilai akhlak Rasulullah. Terlebih, latar belakang budaya tokoh dari setiap cerita berasal dari daerah yang berbeda-beda. “Budaya lokal, akhlak nabi, ditambah imajinasi penulis mampu membawa pembaca pada semangat untuk tetap berpegang pada pedoman agama Islam meski jaman terus berubah.”

Buku kumpulan cerpen Meneladani Akhlak Rasulullah Muhammad Saw. dapat diakses secara gratis melalui website aisyiyah.or.id. (Suri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *