Lima Bahaya Tidur di Pagi Hari

Gaya Hidup Info Sehat 9 Okt 2021 0 125x
tidur pagi hari

tidur pagi hari (foto: iStockphoto)

Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia dan menjadi salah satu faktor utama bagi kesehatan manusia, selain nutrisi dan olahraga. Tidur adalah bentuk pengistirahatan tubuh setelah menjalani berbagai aktivitas.

Odilia Regita dan Hanafi (2020) dalam “Perancangan Buku Informasi Tidur Berkualitas untuk Remaja” menyebut, kebutuhan tidur tidak hanya diukur dengan durasi waktu tidur, melainkan juga kedalaman tidur. Hal inilah yang membedakan kuantitas tidur dan kualitas tidur tiap individu.

Kebutuhan waktu tidur berbeda-beda tergantung dengan usia. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan waktu tidur seseorang menjadi berkurang. Mengutip laman @alodokter.com, bayi memerlukan waktu tidur selama 14-17 jam dalam sehari, sedangkan orang dewasa hanya memerlukan 7-9 jam waktu tidur dalam sehari.

Waktu yang baik untuk tidur malam adalah sebelum pukul 11 (sebelas) malam. Sebagaimana informasi yang dimuat di laman @health.detik.com, tidur sebelum pukul sebelas malam akan membantu tubuh bekerja lebih baik dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar di pagi hari.

Baca Juga: Bahaya Kurang Tidur bagi Kesehatan

Akan tetapi, tak jarang di antara kita masih sering tidur hingga larut malam. Kebiasaan ini menimbulkan rasa lelah dan kantuk di pagi hari, sehingga membuat seseorang merasa ingin tidur. Padahal, tidur di pagi hari tidak baik bagi kesehatan.

Mengutip laman @idntimes.com, setidaknya ada lima bahaya yang ditimbulkan dari tidur di pagi hari bagi kesehatan, yakni: pertama, diabetes. Diabetes dapat disebabkan karena rusaknya metabolisme dalam tubuh. Waktu di pagi hari yang baik untuk membentuk metabolisme, justru menjadi kacau karena tubuh kekurangan asupan energi. Terganggunya metabolisme dalam tubuh mengakibatkan kadar glukosa meningkat dan tubuh tidak mampu menghasilkan insulin.

Kedua, obesitas. Tidur yang bermasalah dapat membuat nafsu makan meningkat. Obesitas dapat memicu penyakit lain yang berbahaya bagi tubuh, seperti kanker, sakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Salah satu cara mencegah obesitas adalah dengan tidur yang cukup di waktu yang tepat.

Ketiga, sakit kepala. Orang yang kesulitan tidur di malam hari dan menggantinya di pagi hari akan sering mengeluh sakit kepala dan merasakan pusing.

Keempat, kekacauan metabolisme tubuh yang disebabkan karena tidur di pagi hari dapat memicu penyakit jantung. Orang yang terbiasa tidur di pagi hari mempunyai risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi hingga 38 persen.

Kelima, tidur di pagi hari juga menyebabkan tubuh anemia dan merasa lesu seharian.

Mengubah pola tidur dan menerapkan gaya hidup sehat dapat menyelamatkan kita dari timbulnya berbagai penyakit. Meski sulit, cobalah secara perlahan untuk mengurangi tidur di pagi hari dengan mencukupkan istirahat di malam hari. Bangun pagi kemudian melakukan aktivitas sangat banyak manfaatnya  bagi tubuh. (rizka)

*mahasiswa magang di Suara ‘Aisyiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *