Gaya Hidup

Lima Kegiatan Positif Agar Ramadhan Produktif

(foto: unsplash)

Pada bulan Ramadhan, seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk mencari pahala dari Allah swt. Segala bentuk ibadah dilakukan dari pagi hingga malam. Seringkali segala ibadah sudah dilakukan tetapi masih ada saja waktu yang kosong. Harus ada kegiatan kreatif yang dilakukan agar setiap waktunya dapat terisi dengan kegiatan positif. Maka berikut ini adalah beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan.

Pertama, melakukan hobi lama atau hobi baru. Mencari hobi baru yang belum pernah dijalani bisa menjadi pilihan, misalnya mencoba berkebun, mencoba resep praktis untuk sahur atau berbuka, dan masih banyak lagi. Tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan hobi yang biasa dilakukan sebelum Ramadhan.

Kedua, berbagi takjil atau sahur. Saat ini, kegiatan tersebut sudah marak dilakukan di kalangan masyarakat. Bisa dengan memasak sendiri atau memesan cathering kemudian makanannya dibagikan dijalanan atau kepada orang yang tidak mampu. Sahur atau Takjil On The Road adalah istilah yang biasa dipakai untuk kegiatan ini.

Ketiga, membuat bisnis. Dari mulai bidang fashion, makanan, hingga dekorasi lebaran biasanya sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini bisa menjadi peluang bagi para pengusaha baru yang memiliki ide di bidang tersebut atau yang lainnya. Maka hal ini bisa menjadi pilihan untuk teman-teman yang tertarik di dunia bisnis.

Baca Juga: Tiga Waktu Tepat Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

Keempat, membuat hiasan atau kreasi anak. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bagi para orang tua yang memiliki anak kecil di rumah. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan karena tidak menguras tenaga yang banyak. Kegiatan ini dapat menjadi pengisi waktu luang sekaligus mengasah kreativitas. Bisa dengan memanfatkan barang yang ada di dalam rumah sehingga orang tua tidak harus mengeluarkan biaya yang besar.

Kelima, membuat hampers lebaran sendiri. Jika memiliki banyak waktu luang, membuat dan menghias hadiah lebaran sendiri bisa menjadi pilihan yang baik. Bagi yang hobi memasak bisa membuat kue kering praktis dan cantik untuk dikirimkan kepada keluarga. Bagi yang suka menjahit dapat membuat baju atau mukena untuk dipakai di hari raya nanti. Lebaran akan semakin berkesan apabila hal-hal tersebut dilakukan sendiri.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan agar bulan Ramadhan dapat terisi dengan hal-hal positif. Semoga informasi tersebut dapat membantu teman-teman yang sedang kebingungan mencari kegiatan positif pada bulan Ramadhan kali ini. (maudy)

Related posts
Kesehatan

Makanan Sehat Selama Ramadhan

Oleh: Asti Nurhayati* Menjalankan ibadah Ramadhan dengan tubuh yang sehat dan bugar terutama di masa pandemi Covid-19 tentu merupakan hal yang sangat…
Berita

Jangan Mager, Berikut Tips Isoman Pasien Covid-19 Selama Ramadhan

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Melakukan latihan fisik yang rutin, memenuhi nutrisi dengan baik, melakukan istirahat yang cukup, dan menghindari stres adalah beberapa…
Berita

Selama Bulan Ramadhan, Lazismu DIY Buka Layanan Konsultasi Zakat 24 Jam

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Daerah Istimewa Yogyakarta membuka layanan konsultasi zakat 24 jam selama bulan Ramadhan 1443…

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.