LLHPB dan MEK PWA Kalimantan Barat Kerja Sama Tingkatkan Perekonomian dan Ketahanan Pangan Guru TK ABA

Berita 7 Des 2021 0 82x

Pontianak, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Kalimantan Barat bekerja sama dengan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan untuk para guru TK ABA.

Hal itu disampaikan oleh Rahma Susanti, Ketua LLHPB PWA Kalimantan Barat melalui pesan yang dikirim via WhatsApp, Selasa (7/12).

“Kolaborasi dalam dua program, yaitu penanaman pohon dengan pola asuh dan Gerakan Lumbung Pangan ‘Aisyiyah (GLHA),” ucap Rahma.

Kata dia, untuk menjaga ketahanan pangan di rumah, LLHPB ‘Aisyiyah mengimbau kepada anggotanya menggalakkan lumbung hidup. Setiap ibu bisa memanfaatkan lahan yang tersisa di rumahnya untuk menanam bahan makanan sendiri.

Baca Juga: LLHPB PDA Kubu Raya Tinjau Lokasi Program Penanaman Pohon dan Sayur Sistem Pola Asuh

Rahma menuturkan, kegiatan dimulai dengan pembibitan sayur di salah satu rumah guru TK ABA bernama Yuli beralamat Jalan Meranti Nomor 53 Pontianak Kalimantan Barat.

“Di tempat ini hanya dilakukan pembibitan, nantinya setelah bibit tumbuh, akan disebarakan ke seluruh sekolah ABA yang ada di Pontianak,” tuturnya.

Di samping GLHA dan penanaman pohon dangan sistem pola asuh, Rahma mengatakan gerakan ini juga ditujukan untuk mewujudkan program green school.

Di samping itu, untuk menampung hasil dari penanaman, ‘Aisyiyah juga membentuk pra-koperasi. “Untuk pengolahan hasil kebun demi membantu ekonomi guru-guru ABA yang ada di Pontianak,” tandasnya.

Tanaman sayuran yang dipilih adalah kangkung, kubis, dan sawi. Tanaman ini dianggap cepat dan mudah dalam perawatannya serta tidak membutuhkan lahan yang luas.

“Dengan menggunakan lahan yang relatif kecil, ibu-ibu bisa menanam dan merawat tanamannya, sehingga ibu-ibu yang biasanya berbelanja setiap hari bisa melakukannya tiga hari atau satu pekan sekali,” tutupnya. (Iwan Abdul Gani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *