LLHPB Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Bekerjasama dengan The Asia Foundation Adakan Webinar Mengenai Perempuan yang Mengalami Kekerasan

Berita 22 Des 2020 0 113x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah pada hari Senin (21/12) mengadakan Webinar mengenai perempuan yang mengalami kekerasan sebagai rangkaian momentum kampanye 16 hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

Pada kesempatan kali ini LLHPB Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bekerjasama dengan The Asia Foundation untuk mengundang beberapa narasumber yang relevan dengan tema yang diangkat, seperti dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Majelis Hukum dan HAM, LLHPB, serta Konsultan Hukum dari Justika.com.

Acara webinar yang dimulai pukul 13.00-15.00 WIB fokus mendiskusikan tentang bagaimana pentingnya keluarga sakinah dalam membangun kelentingan keluarga, selain itu juga adanya sharing session terkait bagaimana ‘Aisyiyah memberikan kebijakan pembelajaran dalam memberikan perlindungan hukum dan layanan bagi para korban atau perempuan yang terancam mengalami kekerasan.

“Dalam konteks pandemi, perempuan yang mengalami kekerasan meningkat, terkhusus KDRT. Oleh karena itu, kita seharusnya saling berkolaborasi serta bekerjasama untuk mengurangi angka kekerasan yang terjadi,” ungkap Sandra selaku Country Representative The Asia Foundation dalam sambutannya.

Salah satu bentuk kolaborasi dan kerjasama yang diciptakan untuk perempuan yang mengalami kekerasan, yaitu dengan adanya platform Koneksi yang merupakan wadah konsultasi hukum yang dibuka secara gratis oleh para advokat yang hatinya tergerak untuk memberikan pendampingan hukum bagi para korban.

Mengurangi tingkat kekerasan terkhusus dalam rumah tangga, yaitu dengan diadakannya pembelajaran mengenai pentingnya konsep keluarga sakinah sebagaimana ‘Aisyiyah ciptakan sebagai pembelajaran dan perlindungan bagi para korban ataupun yang terancam mengalami kekerasan.

“ ‘Aisyiyah dikenal sebagai keluarga sakinah oleh BKKBN. Keluarga sakinah merupakan salah satu cara untuk mengurangi kekerasan dalam rumah tangga. Sakinah merupakan kata yang berasal dari Bahasa arab yang berarti tenang dan aman, Mawaddah memiliki arti cinta dan kasih sayang yang menggebu-gebu, sedangkan Rahmah memiliki arti kasih sayang yang terpancar dalam hati yang tulus,” ungkap Atikah selaku Ketua Pusat ‘Aisyiyah Koordinator Bidang LLHPB. (Tami)

Tinggalkan Balasan