Berita

LLHPB PWA Bali Ikut Sukseskan Pelatihan MDMC

Bali, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Bali turut sukseskan training MDMC di Bali. Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 28 dan berakhir tanggal 30 Januari 2022.

Hal itu disampaikan Hening Parlan, Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PP ‘Aisyiyah melalui sambungan telepon. Selasa (1/2/2022).

Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari MDMC di tiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) di Bali, LLHPB PW ‘Aisyiyah Bali, dan Ortom yang terdiri dari, HW, IPM, dan IMM se-Bali.

Dalam pelatihan tersebut, kata Hening, LLHPB PW Aisyiyah Bali turut mensukseskan dengan mengikutsertakan peserta yang dipimpin oleh Koordinator Penanggulangan Bencana LLHPB Bali, Indi.

Peran LLHPB, menurut Hening, menjadi kunci penting dalam aksi penyelamatan korban bencana. LLHPB, lanjut dia, harus mampu mengambil peran yang berfokus pada perlindungan bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan.

“Pada situasi terjadi bencana, maka perempuan, anak, dan kelompok rentan menjadi yang paling terdampak. Oleh karena itu, menjadi keniscayaan bahwa LLHPB harus mengambil peran,” paparnya melalui sambungan telepon, Selasa (1/2).

Baca Juga: Perempuan dan Lingkungan Hidup

Dia menegaskan bahwa LLHPB dalam kegiatan tersebut mempunyai peranan yang penting. Bukan hanya sebagai peserta, tetapi terlibat dalam mendesain kegiatan. Salah satu desain pelatihan yang dibuat adalah memasukkan materi berperspektif perempuan.

Hening juga menjelaskan, pada simulasi bencana, LLHPB mengekspresikan perannya difokuskan tidak hanya pada perempuan, anak, dan kelompok rentan, tetapi ada recovery ekonomi.

Sementara itu, Koordinator Penanggulangan Bencana LLHPB Bali, Inti Trisginarsih menyampaikan bahwa LLHPB mempunyai pernanan yang strategis. Lanjut dia, peran relawan sangat vital dalam setiap aksi penanggulangan bencana alam dan bencana sosial di Indonesia, baik tahap kesiapsiagaan maupun layanan saat dan pascabencana.

“Para relawan harus memiliki pengetahuan dan skill agar lebih terkondisi pada pengurangan risiko bencana,” tandasnya. (Iwan Abdul Gani)

Related posts
Berita

Peringati Hari Bumi, LLHPB PWA Jawa Tengah Instruksikan Anggota Menanam Pohon

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka Hari Kartini, Hari Bumi, dan Hari Kesiapsiagaan Bencana, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan…
Berita

LLHPB Aisyiyah Persiapkan Dukungan Aksi Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah tengah mempersiapkan keterlibatannya dalam Peringatan Hari Kesiapsiagaan…
Berita

LLHPB PP Aisyiyah Tindaklanjuti Ajakan Kolaborasi Program Inovasi Lingkungan Lazismu

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka mencapai pembangunan berkelanjutan pada pelestarian lingkungan, Lazismu mengundang Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah untuk menjalin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.