Berita

LLHPB PWA Bengkulu Adakan Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Bengkulu pada Rabu (20/2) mengadakan kegiatan  Sosialisasi Peranan Ibu untuk Menciptakan Keluarga Tanggung Bencana. Sosialisasi ini bertempat di Masjid At-Taqwa Muhammadiyah, Kampung Bahari, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

Bengkulu merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi, sehingga partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana perlu ditingkatkan. “Jadi masyarakat bukan hanya sekadar menjadi korban bencana, namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana,” ujar Surya Darma selaku Wakil Ketua IV PWA Bengkulu dalam sambutannya sekaligus  membuka kegiatan ini.

Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan Ancama Bencana, Masyarakat Harus Siap Risiko

Sementara itu, Analis Kebencanaan Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Ismadi Wantoro, menyampaikan ada 5 (lima) pilar Keluarga Tangguh Bencana. Pertama, anggota keluarga memahami ancaman dan risiko bencana di sekitarnya. Kedua, anggota keluarga mengenali rumah aman dan bencana. Ketiga, anggota keluarga membuat rencana siaga bencana. Keempat, anggota keluarga memahami peringatan dini bencana. Kelima, anggota keluarga mampu melakukan evakuasi mandiri.

Selanjutnya, Rita Zurina selaku Ketua LLHPB PWA Bengkulu menyampaikan beberapa peran ‘Aisyiyah dalam menjaga lingkungan hidup dan upaya penanggulangan bencana. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 75 orang anggota Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Kampung Bahari dan masyarakat sekitar. (ss/sb)

Related posts
Berita

LLHPB PWA Bengkulu Gelar Webinar Green Ramadhan

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Bengkulu (PWA) pada Ahad (24/4) mengadakan Webinar Green…
Berita

LLHPB PWA Bengkulu, Peduli Keluarga dan Lingkungan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah-  Lingkungan yang sehat dan bersih selalu menjadi topik penting untuk dikampanyekan agar masyarakat dapat terhindar dari penularan virus corona….
Berita

LLHPB PWA Bengkulu, Gelar Sosialisasi Situasi Pandemi Kepada Anak-anak Panti Asuhan ‘Aisyiyah Kasih Ibu

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah- Dampak pandemi Covid-19 sangat signifikan pada kehidupan manusia, seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, interaksi sosial dan lain-lain. Menyikapi hal tersebut,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.