Berita

LLHPB PWA Bengkulu Gelar Webinar Green Ramadhan

Bengkulu, Suara ‘AisyiyahLembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Bengkulu (PWA) pada Ahad (24/4) mengadakan Webinar Green Ramadhan melalui aplikasi Zoom. Rita Zurina Ketua LLHPB PWA Bengkulu menyampaikan, Green Ramadhan merupakan program berkelanjutan dari Go Green dari LLHPB ‘Aisyiyah yang bertujuan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengurangi tingkat polusi dan sampah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PP ‘Aisyiyah, Hening Parlan menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dirindukan oleh umat Islam. Di bulan Ramadhan ini, umat Islam diajarkan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk bumi dan kelestarian alam. Ia lantas mengajak peserta webinar untuk menunaikan ibadah Ramadhan dengan lebih ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial dan mengayomi lingkungan.

Baca Juga: Peran Ibu dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Menghadapi Bencana

Hening menyampaikan, dalam bulan suci ini hendaknya umat Islam mengurangi sisa makanan dan konsumsi berlebihan, mengurangi penggunaan botol plastik, mengurangi penggunaan styrofoam, menggunakan botol minum sendiri (tumbler), menghentikan penggunaan piring, gelas, dan sendok plastik sekali pakai, membawa tas/tempat makan yang tidak sekali pakai, menghemat air wudhu dan memanfaatkan sisa air wudhu, membiasakan naik kendaraan umum, dan menanam pohon produktif.

Kegiatan ini dihadiri oleh 75 peserta yang terdiri dari Pimpinan Harian PWA Bengkulu, Ketua Majelis/Lembaga dan AUA PWA Bengkulu, Anggota PDA, guru IGABA se-Wilayah Bengkulu, dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Program Go Green ‘Aisyiyah ini  tidak hanya menjadi tanggung jawab LLHPB saja, namun pelaksanaanannya bisa lintas majelis/lembaga.

Program ini juga bisa diterapkan untuk mendidik anak supaya cinta lingkungan. Susi Soraya selaku Sekretaris PWA Bengkulu mengatakan, anak-anak mestinya sejak dini diajarkan cinta lingkungan. Kecintaan itu bisa diawali oleh lingkungan keluarga. Ia juga mengajak warga ‘Aisyiyah untuk memanfaatkan lahan sempit untuk ditanam tumbuhan produktif. (SS/sb)

Related posts
Berita

LLHPB PWA Bengkulu Adakan Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah…
Berita

LLHPB PWA Jawa Tengah Gelar Rapat Jelang Ramadhan dan Sukseskan Green Muktamar

Surakarta, Suara ‘Aisyiyah – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1443 H, Divisi Lingkungan Hidup (LH) Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB)…
Berita

LLHPB PWA Bengkulu, Peduli Keluarga dan Lingkungan Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Bengkulu, Suara ‘Aisyiyah-  Lingkungan yang sehat dan bersih selalu menjadi topik penting untuk dikampanyekan agar masyarakat dapat terhindar dari penularan virus corona….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.