Berita

LLHPB PWA Jawa Tengah Gelar Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana

Rakor LLHPB PWA Jawa Tengah

Rakor LLHPB PWA Jawa TengahJawa Tengah, Suara ‘Aisyiyah – Divisi Lingkungan Hidup Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah mengadakan Rapat Koordinasi dengan seluruh LLHPB PDA di Jawa Tengah yang berjumlah 35 daerah. Acara Rakor ini dialkukan secara daring, Sabtu (13/11).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LLHPB PWA Jateng Lilik Tri Prihantini menyampaikan laporan penyelenggaraan. Adapun Wakil Ketua PWA Jawa Tengah Koordinator Bidang LLHPB Chusnul Hayati membuka acara.

Rakor ini merupakan tindak lanjut dari program yang diadakan oleh LLHPB PP ‘Aisyiyah, berupa gerakan penanaman pohon dan sayur dengan sistem pola asuh kerja sama dengan Lazismu PP Muhammadiyah di 15 titik (area) di 10 wilayah, di antaranya adalah di Jawa Tengah.

Baca Juga: LLHPB PDA Kebumen Adakan Sosialisasi dan Replantasi Mangrove di Pesisir Pantai Wiromartan

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan, antara lain launching program Penanaman Pohon Sistem Pola Asuh yang dipusatkan di Masjid Taqwa Dukuh Alang-Alang Karimunjawa oleh LLHPB PWA Jawa Tengah. Diadakan pula kegiatan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) pada Sabtu (27/10) yang didukung oleh MDMC,Pemuda, serta masyarakat setempat.

Menurut Lilik Tri Prihantini, “kegiatan menanam pohon merupakan salah satu upaya mitigasi bencana, sebagai bentuk kelola merawat pohon, selanjunya menganut istilah One Muhammadiyah One Respon (OMOR) kerja sama lintas majelis, lembaga, ortom, dan pihak terkait. Divisi Lingkungan Hidup fokus di 2 (dua) kegiatan, yaitu tanam sistem pola asuh dan GMPS. Sedangkan divisi Penanggulangan Bencana fokus pada 2 (dua) kegiatan pula, yaitu bersama MDMC membantu mengurusi dapur umum dan psikososial,” tandasnya.

Menurut Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng, Deny Ana I’tikafia yang juga selaku Ketua Pelaksana program ini, “selain penanaman pohon sistem pola asuh juga akan segera dilakukan kegiatan ustadzah lingkungan, yang saat ini sedang mengikuti pelatihan, yang bertugas mengelola adalah aktivis lingkungan hidup Ninin Karlina yang diharapkan akan mengampu kegiatan di seluruh LLHPB PWA Jateng,” paparnya. (Deny Ana)

Related posts
Sejarah

Muktamar Ke-37 Yogyakarta, Muktamar Pertama Aisyiyah sebagai Organisasi Otonom Muhammadiyah

‘Aisyiyah berdiri pada 27 Rajab 1335 H atau bertepatan dengan 19 Mei 1917 M. Nama ‘Aisyiyah bermakna pengikut ‘Aisyah, istri Nabi Muhammad…
Tokoh

Andi Rasdiyanah, Rektor Perempuan Pertama Perguruan Tinggi Islam Negeri Itu adalah Kader Aisyiyah

Andi Rasdiyanah lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada 14 Februari 1935. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya meninggal ketika ia…
Berita

Cerahkan Peradaban Bangsa, RSIJ Cempaka Putih dan Muhammadiyah-Aisyiyah Gelar Semiloknas

Jakarta, Suara ‘Aisyiyah – Muhammadiyah-‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatan PP ‘Aisyiyah, MPKU PP Muhammadiyah, dan RSIJ Cempaka Putih mengadakan kegiatan Seminar dan Lokakarya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.