Berita

LLHPB Riau : Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Jadikan Keluarga Tangguh di Masa Pandemi

Pekanbaru, Suara ‘Aisyiyah- Peningkatan jumlah orang terpapar virus Covid-19 masih mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi salah satunya karena pola hidup sehat yang kurang diperhatikan. Melihat kondisi itu, LLHPB Riau menyelenggarakan seminar online “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi Covid-19” pada Selasa, (8/9/2020).

Dalam seminar online jilid 3 ini, mengupas secara rinci pembahasan perilaku hidup bersih dan sehat, guna menjadikan keluarga tangguh dikala pandemi.

Seminar Online kelentigan keluarga ini, diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah. Menghadirkan pembicara Helda Suryani Munir selaku Ketua MCCC Riau, sekaligus Staf Ahli Wali Kota Pekanbaru Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Ia mengungkap, ada 10 indikator yang harus diterapkan dalam menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan keluarga.

Seperti proses persalinan yang sudah dibantu dengan Nakes, bayi diberi asi eksklusif, balita ditimbang secara teratur, menggunakan air besih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok didalam rumah.

Pun, perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker setiap hari. “Memakai masker itu sangat penting untuk mencegah penularan virus. Kita sebagai ibu-ibu rumah tangga didalam keluarga harus selalu memberi pemahaman mengenai pencegahan penularan virus, salah satunya dengan menggunakan masker dengan tepat,” kata Helda yang juga merupakan Ketua Majelis Kesehatan PWM Riau.

Selain itu hadir juga sebagai pemantik Wirdati Irma, dari LLHPB Riau. Ia mengungkap bahwa keluarga adalah kunci dalam menerapkan PHBS. “Keluarga kunci utama dalam penerapan PHBS ini, terutama dalam masa pandemik, agar keluarga tetap lenting,”imbuhnya.

Dipandu oleh moderator Elli Mardiah dari Majelis Kesehatan PWA Riau. Acara tersebut berjalan sukses dan lancar hingga akhir. (LLHPB Riau/Gustin)

Related posts
Berita

Kelentingan Keluarga Berbasis BDR, Bangun Kelekatan Orang Tua dan Anak

Terhitung sejak Maret 2020, negri ini terpapar kasus pandemi yang disebabkan oleh virus bernama Corina. Hampir semua lini kehidupan terdampak oleh keberadaannya….
Berita

Angka Positif Corona Semakin Meningkat, LLHPB Riau Bagikan 80 Paket APD untuk Guru

Pekanbaru, Suara ‘Aisyiyah- Kasus penyebaran virus corona di Riau terus meningkat. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA)…
Berita

PDA Jakarta Utara, Berbagi di Kala Pandemik

Jakarta Utara, Suara ‘Aisyiyah- Seluruh dunia sedang diuji adanya pandemi covid-19. Moment seperti ini, saling berbagi mesti digalakkan. Mengingat, banyak orang yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.