LLHPB se-Jateng Adakan Aksi Menanam Pohon Serentak

Berita 28 Nov 2020 0 83x

Jepara, Suara ‘Aisyiyah-  Tiap 28 November 2020, diperingati sebagai hari menanam pohon di Indonesia. Peringatan ini berdasarkan pada keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, yang menetapkan bulan Desember sebagai bulan menanam nasional.

Menanam pohon berarti menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan generasi yang akan datang. Selain memperbaiki lingkungan, menanam juga harus memberikan manfaat langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah Wilayah Jateng, mempunyai beberapa program unggulan diantaranya yaitu Bulan Menanam Pohon yang akan diselenggarakan  serentak oleh LLHPB PDA Se-Jawa Tengah.

Dalam kegiatan ini mengajak serta anggota lintas Majelis, Lembaga dan ortom di daerahnya serta berkoordinasi dengan dinas setempat yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Perhutani serta komunitas masyarakat atau pimpinan cabang, ranting ‘Aisyiyah setempat.

Koordinasi dengan pihak terkait dilaksanakan dengan harapan mendapatkan dukungan bibit pohon jangka panjang yang akan ditanam, sedangkan koordinasi dengan komunitas masyarakat setempat diharapkan dapat membantu memastikan keberlanjutan perawatan pohon yang telah di tanam.

Lokasi dan waktu penyelenggaraan kegiatan diserahkan menurut kebijakan LLHPB Pimpinan Daerah Aisyiyah masing-masing, dan pada tanggal 7 Desember 2020 sudah melaporkan kepada sekretariat LLHPB Jateng dimana lokasi dan waktu kegiatan aksi menanam pohon dilaksanakan.

Berikut  kegiatan menanam pohon LLHPB Se Jawa Tengah. Pertama, pada tanggal 28 November 2020 M, mulai pukul 00.00 wib serentak semua anggota LLHPB Se Jawa Tengah mengunggah fyer tentang selamat Hari Menanam Pohon di media sosial facebook, twitter dan instagram.

Selanjutnya, memasuki bulan Desember, diharapkan semua LLHPB se-Jateng melakukan kegiatan Bulan menanam pohon, berkontribusi di daerah masing-masing untuk ikut melestarikan alam.

Kegiatan didokumentasikan dan dipublikasikan  di media internal Aisyiyah dan Muhammadiyah dengan harapan untuk qirrah/semangat dalam mewujudkan syiar persyarikatan. (Deny Ana I’tikafia- Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jateng)

Leave a Reply