Berita

LLHPB Se-Jawa Tengah Semarakkan Milad Ke-105 Aisyiyah dengan Lomba Pemanfaatan Limbah Sampah

LLHPB Jawa Tengah

Semarang, Suara ‘AisyiyahLembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah Divisi Media dan Publikasi mengadakan lomba dalam rangka Green Muktamar dan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS). Lomba ini diikuti oleh seluruh LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) se-Jawa Tengah dengan tema “3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)”.

Lomba tersebut merupakan wujud kiprah LLHPB dalam bergerak mensosialisasikan pengurangan sampah sebagai wujud dari pengurangan risiko bencana yang sudah 1 periode Muktamar ini dilakukan.

Pengumuman lomba dibarengkan dengan acara resepsi Milad ‘Aisyiyah yang diselenggarakan oleh PWA Jawa Tengah di gedung pertemuan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) pada Sabtu (13/8). Adapun penyerahan hadiah lomba dibarengkan dengan kegiatan lomba dari majelis/lembaga lainnya antar PDA se-Jawa Tengah sehingga menambah semarak acara.

Hadir dalam kesempatan tersebut LLHPB, Wakil Ketua PWA Jawa Tengah Koordinator Bidang LLHPB Chusnul Hayati, Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng Deny Ana I’tikafia, Sekretaris Sri Sumarsih, dan Anggota Divisi Penanggulangan Bencana Siti Ruminten.

Hadiah diserahkan oleh Sri Gunarsi dari PWA Jateng kepada 3 pemenang lomba, yaitu Juara 1 dari LLHPB Temanggung, Juara 2 LLHPB Kabupaten Magelang, dan Juara 3 dari LLHPB Kota Magelang.

Baca Juga: Teologi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Pengolahan Sampah

Ketua Divisi LH LLHPB PWA Jateng, Deny Ana I’tikafia menyampaikan terima kasih atas kerja keras Tim Media dan Publikasi LLHPB PWA Jateng yang telah menentukan tingkat kejuaraan berdasarkan kualitas dari jenis yang dilombakan dan patut disosialisasikan untuk diteladani oleh LLHPB PDA lainnya.

Perlu diketahui bahwa pemenang Juara 1 dari Temanggung berupa dialog yang mengetengahkan kegiatan 3R mengacu pada UU RI Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung Nomor 29 Tahun 2019 tentang kelola sampah. Selain itu juga aksi nyata SD Muhammadiyah Parakan yang selama 2 tahun ini menerapkan program komposter, juga sebagai sekolah adiwiyata dan pemenang lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten.

Adapun Juara 2 dari LLHPB Kabupaten Magelang tentang bagaimana proses membuat ecoprint yang saat ini sedang marak digerakkan oleh Tim Alang (‘Aisyiyah Magelang) yang mensosialisasikan pemanfaatan dedaunan untuk dibuat aneka macam produk terutama kain.

Sementara Juara 3 dari LLHPB Kota Magelang yaitu penerapan 3R, yakni penggunaan sapu tangan dan wadah besek anyaman dari bambu, menggalakkan penggunakan wadah air minum juga toples yang tidak sekali pakai, dan memilah sampah organik dan anorganik. (Deny Ana I’tikafia/sb)

Related posts
Berita

LLHPB PP Aisyiyah Terus Kirimkan Tim Khusus ke Cianjur

Cianjur, Suara ‘Aisyiyah – Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah melalui Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) terus mengirim tim khusus ke beberapa titik…
Berita

LLHPB PWA Jawa Tengah Gandeng Muslimat NU Bagikan 2000 Bibit Tanaman ke Peserta KUPI

Jepara, Suara ‘Aisyiyah – Kamis (24/11), Ketua Divisi LH LLHPB Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah, Deny Ana I’tikafia bertandang ke kebun…
Berita

LLHPB PP Aisyiyah Terjunkan Tim ke Lokasi Gempa Cianjur

Cianjur, Suara ‘Aisyiyah – Usai dari menghadiri Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah ke-48 peserta maupun penggembira kembali ke kerumah masing-masing. “Belum sempat istirahat, terdengar berita…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *