Berita

LPP PWM Jawa Tengah Gelar Uji Publik Instrumen Akreditasi Pesantren Muhammadiyah

Pekalongan, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah mengadakan Uji Publik di Pesantren International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Pekajangan Pekalongan, Sabtu (15/6/2024).

Mudir Pesantren IMBS Miftahul Ulum, Sumarno selaku tuan rumah melaporkan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari 30 Pesantren Muhammadiyah se-Jawa Tengah dan dihadiri langsung oleh Ketua LPP Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Maskuri.

“Terima kasih kepada LPP PP Muhammadiyah dan LPP PWM Jawa Tengah yang memberi kesempatan kepada IMBS Pekajangan Pekalongan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Uji Publik Instrumen Akreditasi Pesantren Muhammadiyah. Terima kasih juga kepada para Mudir Pesantren Muhammadiyah se-Jawa Tengah yang hadir untuk menyukseskan kegiatan ini di IMBS Pekajangan Pekalongan. Semoga kegiatan ini akan menambah girah kita semua untuk semakin meningkatkan kualitas Pesantren Muhammadiyah,” ucapnya.

Pelaksanaan Uji Publik tersebut adalah sebagai peningkatan mutu dan kualitas pengelolaan dan pendidikan Pesantren Muhammadiyah, sebagaimana yang disampaikan Ketua LPP PP Muhammadiyah Maskuri, “Uji Publik Instrumen Akreditasi ini dilaksanakan guna meningkatkan pesantren Muhammadiyah agar unggul dan berkualitas.”

Ketua LPP PWM Jawa Tengah, M. Irzal juga menyampaikan bahwa Uji Publik yang diselenggarakan di Pekalongan ini untuk menentukan nasib Pesantren Muhammadiyah di kemudian hari.

Baca Juga: Isnawati Rais: Ulama Perempuan dan Mufassir Penyeru Kesetaraan Gender

“Acara ini memiliki tujuan peningkatan mutu dan kualitas Pesantren Muhammadiyah di kemudian hari serta berfungsi untuk memotret sejauh mana pengelolaan pendidikan di pesantren kita,” ungkapnya getol menyuarakan pentingnya kadirisasi ulama.

“Jawa Tengah harus menjadi contoh dan potret pengelolaan Pesantren Muhammadiyah se-Indonesia karena jumlah pesantren yang ada lebih dari 40% di Jawa Tengah,” lanjut kyai yang juga pengusaha tersebut.

Harapan besar dalam pengelolaan pendidikan Pesantren Muhammadiyah menjadi baik secara kualitas maupun kuantitas. Uji publik instrumen akreditasi ini diharapkan mampu menjadi media yang efektif untuk meningkatkan mutu Pesantren Muhammadiyah, ungkap Kyai Sutriyono selaku Mudir MBS Bumiayu.

Kyai Aly Syahbana berharap Uji Publik instrumen akreditasi ini mampu menjadi sistem penjaminan mutu eksternal yang berfungsi sebagai pedoman bagi Mudir untuk peningkatan kualitas dan kuantitas Pesantren Muhammadiyah.

Turut hadir dalam uji publik Ketua LPP PPM Muhammadiyah Maskuri beserta pengurus, Ketua LPP PWM Jawa Tengah M.Irzal Fadholi beserta pengurus, serta 30 Mudir dan Wakil Mudir Pesantren Muhammadiyah se-Jawa Tengah. (Tarqum Aziz/sa)

Related posts
Berita

Ketua LPP PWM Jateng Berikan Bekal 4 Tas untuk Santri pada Wisuda Perdana PP KH. Mas Mansur Brebes

Brebes, Suara ‘Aisyiyah – Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Mas Mansur Wanasari Brebes mengelar Wisuda Perdana Santri di Auditorium UMUS Brebes, Ahad (19/5/2024)….
Berita

Rakorwil LPP PWM Jawa Tengah Hasilkan Pilot Project Pesantren Tafaqquh fii Ad-Din

Kendal, Suara ‘Aisyiyah – Rapat Koordinasi Wilayah Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (Rakorwil LPP PWM) Jawa Tengah dan Mudir Pesantren Muhammadiyah…
Berita

MoU Lazismu dengan LPP PWM Jateng Wujudkan Sistem Kaderisasi Ulama Jawa Tengah

Kendal, Suara ‘Aisyiyah – Rapat Koordinasi Wilayah Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (Rakorwil LPP PWM) Jawa Tengah dan Mudir Pesantren Muhammadiyah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *