Berita

LPPA PWA Kalsel Suarakan Pentingnya Kebersihan Saat Menstruasi

Berita Aisyiyah
Berita Aisyiyah

Penyampaian materi terkait kebersihan saat menstruasi

Kalimantan, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) Kalimantan Selatan Bekerjasama dengan PDA Banjar berhasil menyelenggarakan  kegiatan ‘Pendidikan Perempuan Muda’ guna menerapkan kebersihan menstruasi yang bertempat di gedung ‘Aisyiyah Sungai Alang Martapura pada Minggu (20/6).

Menjaga kesehatan reproduksi  khususnya pada saat menstruasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi kaum Wanita, mengingat saat menstruasi  organ intim rentan sekali terpapar bakteri. Materi pendidikan mengenai menstruasi tersebut disampaikan oleh Musphyanti Chalida Putri selaku Wakil Ketua PWA Kalimantan Selatan dan juga seorang Pakar Kebidanan dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Musphyanti menjelaskan bahwa saat Menstruasi pertama adalah pilih pembalut yang menyerap dengan ukuran yang sesuai dengan pakaian dalam katun, Ganti pembalut secara teratur, tidak menggunakan pewangi dan menjaga vulva tetap higienis. Selain itu Musphyanti juga mengungkapkan  bahwa Islam juga mengatur hal terkait menstruasi seperti dalam Q.S. al-Baqarah: 222 yang menjelaskan bahwa “Haid itu darah kotor, oleh sebab itu hendaknya kamu menjauhkan diri (setubuh) dengan wanita di waktu Haid. Jangan sekali kali kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu ditempat yang telah diperintahkan Allah padamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Baca juga: Kenali Menstruasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

“Oleh karena itulah mengapa penting  menjaga kebersihan saat menstruasi  karena genetalia eksterna menjadi sensitive dan rentan terjadi infeksi akibat lembab. Selain itu kondisi mulut rahim terbuka sehingga menyebabkan terhubung dengan eksterna melalui kelamin wanit,” jelas Musphyanti.

Diakhir Musphiyanti menyampaikan terkait cara membersihkan  vulva agar para remaja putri dan ibu-ibu yang hadir bisa memahami dan jangan sampai tidak mengetahui bekal penting menjadi seorang wanita yang masih masa subur. Adapun cara membersihkan vulva yaitu dengan memilih sabun yang tidak mengandung alkohol, bersihkan sesuai kebutuhan tidak terlalu lama, dan sebaiknya mengusap arah belakang atau samping. Selanjutnya keringkan dengan tisu bersih atau kain katun. (Nanik Hayati/Tami)

Related posts
Berita

Webinar LPPA Kalbar #1: Mengkaji Kesehatan Reproduksi dari Perspektif Kesehatan dan Agama

Kalimantan Barat, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) bekerja sama dan bersinergi dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Provinsi Kalimantan…
Berita

PD Aisyiyah Ponorogo Gelar Sosialisasi Pendampingan Izin Edar dan Sertifikasi bagi IKM Ponorogo

Ponorogo, Suara ‘Aisyiyah – Sebagai organisasi keagamaan, ‘Aisyiyah tentu sangat peduli dengan keberadaan produk-produk halal, termasuk makanan dan minuman yang kita konsumsi….
Berita

PD Muhammadiyah-Aisyiyah Demak Selenggarakan Pelatihan Pascapanen

Demak, Suara ‘Aisyiyah – Jambu air merah delima dan belimbing identik dengan Kabupaten Demak. Buah-buahan khas Demak tersebut menjadi buah yang paling…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.