LPPM Unisa Yogyakarta Gelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Menuju Society 5.0

Berita 9 Sep 2021 0 49x

Yogyakarta, Suara ‘Aisyiyah – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 secara daring, Rabu (8/9). Seminar tersebut mengusung tema “Peningkatan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Menuju Society 5.0 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Seminar dibuka dengan sambutan Rektor Unisa Yogyakarta Warsiti. Ia mengatakan, era Society 5.0 atau Super Smart Society merupakan sebuah konsep perkembangan masyarakat di mana manusia hidup berdampingan dengan teknologi. “Peran teknologi ditingkatkan untuk mempermudah manusia dalam berbagai aspek, mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain lain, menuju kualitas hidup masyarakat secara lebih baik,” ucapnya.

Selain Rektor Unisa Yogyakarta, Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Muslimah Widyastuti juga memberikan Keynote Speech. Dia mengatakan bahwa saat ini dunia pendidikan sedang mengalami masalah yang serius. Perubahan Iptek yang sangat cepat dan kompleks menuntut untuk lebih mempersiapkan secara matang dalam menghadapi perubahan dunia yang serba cepat ini. Belum lama ini, Society 5.0 sedang hangat-hangatnya diperbincangkan.

Baca Juga: Haedar Nashir: PTMA Harus Dikelola dengan Spirit Tajdid

“Era Super Smart Society (Society 5.0) sendiri diperkenalkan oleh Pemerintah Jepang pada tahun 2019, yang dibuat sebagai antisipasi dari gejolak disrupsi akibat revolusi industri 4.0, yang menyebabkan ketidakpastian yang kompleks dan ambigu (VUCA). Dikhawatirkan invansi tersebut dapat menggerus nilai-nilai karakter kemanusiaan yang dipertahankan selama ini,” tuturnya.

Seminar Nasional kali ini mengundang dua narasumber, yaitu Heri Hermansyah selaku Plt Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta Wantonoro sebagai penerima penghargaan Penulis Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Kesehatan dan Obat Kemenristek BRIN Tahun 2020, yang juga merupakan Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Kesehatan Unisa Yogyakarta.

Kegiatan Seminar Nasional ini dihadiri 550 peserta, selain itu juga dibarengi dengan soft launching Jurnal Pengabdian Masyarakat Hayina (Hasil Karya ‘Aisyiyah untuk Indonesia) oleh LPPM Unisa Yogyakarta. (sinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *