Madrasah Diniyah Awwaliyah At-Taqwa Muhammadiyah Solokuro Gelar PAS Semester Ganjil

Berita 16 Des 2021 0 63x

Lamongan, Suara ‘Aisyiyah – Madrasah Diniyah Awwaliyah At-Taqwa Muhammadiyah Ranting Solokuro menggelar Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 meliputi ujian tulis dan ujian praktik. Ujian tulis dilaksanakan pada 10-13 Desember 2021 dan berlangsung dua sesi. Sesi I dimulai pukul 18.00-18.50, sedangkan sesi II dimulai pukul 19.10-20.00 WIB. Adapun ujian praktik dilaksanakan pada 14-15 Desember 2021 bertempat di Musholla At-Taqwa, Solokuro, Lamongan.

Ragam dari materi ujian tulis meliputi: Al-Quran, Hadist, Akidah, Akhlak, Fiqih, Bahasa Arab, Sirah Nabawi, Awal Surat, Jumlah atau Golongan Surat, Arti Surat, dan Melanjutkan Ayat. Sementara ujian praktik meliputi materi: Al-Quraan, Fikih, Bahasa Arab, Hafalan Juz Amma, Baca Iqra’, Doa Sehari-hari, dan Praktik Wudlu.

Fathan Faris Saputro selaku Ketua Pelaksana menyampaikan tujuan diadakannya PAS adalah sebagai sarana evaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung selama satu semester.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Takwa dalam Keluarga Sakinah

Faris menambahkan, “Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan momen rutin sebagai upaya membangun sebuah tradisi positif di lingkungan Madrasah Diniyah dan sebagai sarana evaluasi untuk terus berbenah diri memperbaiki sistem pembelajaran sehingga mampu mencetak generasi tauhid yang akan membangun peradaban Islam yang unggul dan menjadi rujukan umat”.

Tidak ada kendala yang berarti selama proses ujian selama 6 hari dan santri mengikuti ujian dengan sangat khidmat. Lancarnya kegiatan tersebut atas peran dan kerja sama baik, bekerja sama, dan sama-sama bekerja, kepengurusan dan kepanitiaan yang solid, serta solidaritas tinggi, mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

Alif Al-Fatih, santri kelas 2 MI Putra mengatakan, “Saya sangat menikmati ujian ini dengan belajar yang tekun agar saya mendapatkan nilai yang bagus agar orang tua saya bisa senang melihat prestasi yang saya dapatkan nanti”. (FFS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *