Berita

Mahasiswa Unmuha Perebutkan Tiket Program IISMA 2022 Kemendikbudristek

Banda Aceh, Suara ‘AisyiyahPendaftaran Beasiswa IISMA 2022 (Indonesian International Student Mobility Awards) sudah mulai dibuka sejak Sabtu (12/3) lalu. Program ini merupakan bentuk pendanaan pemerintah kepada mahasiswa sarjana strata satu (S1) Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk belajar hingga satu semester di kampus luar negeri.

Program IISMA atau Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia sendiri termasuk dalam bagian Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek.

Para peserta nantinya akan mendapat bantuan dana maupun fasilitas berupa dana tunjangan hidup di negara tujuan, visa, pendaftaran dan biaya kuliah, biaya tiket pesawat, biaya tes PCR dan fasilitas karantina, hingga asuransi kesehatan.

Sesuai arahan Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur, Unmuha melalui Kantor Urusan International dan Kerja Sama dan Lembaga Pusat Bahasa Unmuha pada hari Rabu (26/3) telah melakukan tes TOEFL kepada 65 orang mahasiswa yang berasal dari 6 Fakultas di Unmuha, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Hukum.

Baca Juga: Fonds-Dachlan: Program Internasional Pertama Muhammadiyah

Kepala KUI dan Kerja Sama Febyolla Presilawati mengatakan bahwa Unmuha sedang menyeleksi mahasiswa untuk semester IV dan VI di dalam mengikuti program IISMA 2022. Ia menerangkan, mahasiswa yang lolos nantinya akan menghabiskan 1 semester di universitas mitra luar negri untuk belajar setara dengan 20 SKS yang akan ditransfer ke univeritas di Indonesia, sehingga mahasiswa yang ikut IISMA tidak tertinggal dalam kuliah.

Merangkum halaman iisma.id, setidaknya ada 65 univeritas top dunia yang bisa dipilih oleh mahasiswa yang mendaftar IISMA 2022. Sejumlah universitas tujuan yang di luar negeri yang membuka peluang dalam program IISMA 2022. Universitas tersebut tersebar di Asia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand, Inggris, Irlandia, dan Eropa.

Sementara itu, Kepala Pusat Bahasa Unmuha Samsul Bahri menyampaikan, “dalam rangka mensukseskan program beasiswa IISMA dari Kementerian, kita telah melaksanakan seleksi bahasa untuk seluruh Fakultas yang ada untuk memenuhi kuota yang diminta”.

Samsul menerangkan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, seperti ujian tulis dan ujian TOEFL prediksi. Tahapa tersebut bertujuan melihat kemampuan mahasiswa di dalam berbahasa. Setelah itu, tahap berikutnya adalah pembinaan Bahasa Inggris dan pembinaan mengisi aplikasi dari program IISMA 2022. (Agusnaidi B/sb)

Related posts
Berita

Melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Rektor Unmuha Berharap Kompetensi Dosen Meningkat

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur resmi membuka acara seminar proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat…
Berita

Di Hadapan Wali Mahasiswa, Rektor Unmuha Sampaikan Prestasi dan Perkembangan Kampus

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aslam Nur menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada orang tua mahasiswa yang telah…
Berita

Hadiri Wisuda, Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Apresiasi Pencapaian Unmuha

Banda Aceh, Suara ‘Aisyiyah – Selasa (29/3), Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) membuka acara Wisuda Ahli Madya, Sarjana, dan Magister ke-42 semester…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.