Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 1, Januari 2020

Tema : Corak Pendidikan Ulama Muhammadiyah- ‘Aisyiyah

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, Muhammadiyah-‘Aisyiyah didirikan dan dibesarkan oleh para ulama yang memiliki cita-cita untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sebagaimana pengertian harfiyah dari kata ulama (yaitu ‘orang yang memiliki ilmu’), ulama Muhammadiyah-’Aisyiyah tidak hanya mendalami ilmu agama, tetapi sekaligus juga merupakan ilmuwan atau peneliti yang memiliki banyak referensi dan pertimbangan, serta sangat peka terhadap berbagai fenomena kehidupan. 

Pada era media-sosial ini, ulama-ulama Muhammadiyah’-’Aisyiyah tidak banyak yang terangkat popularitasnya di masyarakat. Padahal, ulama yang disiapkan oleh Muhammadiyah-’Aisyiyah cukup banyak. Berbagai upaya sistematis terus-menerus dilakukan dan telah membuahkan hasil. Mereka, para kader ulama itu, memiliki peran dalam menyebarluaskan Islam Wasaṭiyyah yang menjadi ciri khas Muhammadiyah-’Aisyiyah.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai corak serta upaya dari hulu ke hilirnya Muhammadiyah-’Aisyiyah dalam membentuk ulama serta aneka problematikanya, pada edisi ini kami mengetengahkan topik “Ulama dan Corak Pendidikan Keulamaan di Muhammadiyah-‘Aisyiyah”. Masalah corak keulamaan ini secara teologis kami paparkan dalam rubrik Tajuk, Hikmah, Kalam, dan Liputan Utama. Sementara itu, tantangan ulama masa kini dan masa depan kami sampaikan dalam dua artikel di rubrik Idea serta dua artikel di rubrik Cakrawala.

Pembahasan yang lebih khusus, mengenai dinamika pendidikan keulamaan di ‘Aisyiyah, kami paparkan dalam rubrik Harmoni dan Keluarga Sakinah. Kehidupan kepesan-trenan kami soroti dalam rubrik Inspirasi, Kesehatan, dan Edukasiana. Tentu saja, edisi ini juga kami selingi dengan pembahasan di luar tema, yaitu di rubrik Konsultasi Kak ‘Aisy, Qaryah Thayyibah, Aksara, dan Sungging-Singgung. Tak lupa, liputan kami serta kiriman berita dari pembaca di seluruh Indonesia kami sampaikan dalam rubrik Dinamika Organisasi.

Selamat membaca. Semoga ulama Muhammadiyah-’Aisyiyah mampu memahami Islam secara komprehensif dengan tetap berpegang pada al-Qur’an dan sunnah serta mampu menjadi teladan dalam menebar kebaikan kepada sesama umat manusia. Salam hangat!

Mari jadikan Suara ‘Aisyiyah sebagai bacaan wajib warga ‘Aisyiyah!

Redaksi