Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 1, Januari 2021

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, tak jarang para pengamat ‘Aisyiyah yang datang maupun melakukan penelitian mendalam terlihat heran dengan berbagai bidang garap yang ditekuni oleh ‘Aisyiyah. Betapa tidak, ketika berbagai lembaga di seluruh dunia memfokuskan gerakannya pada satu bidang, misalnya lingkungan, masyarakat migran, kesehatan ibu dan anak, literasi, dan spesifikasi gerakan lainnya, ‘Aisyiyah justru semakin memiliki gerakan yang beragam.

Keragaman gerakan ini telah dimulai sejak awal berdirinya ‘Aisyiyah dan hingga lebih dari seabad terus-menerus bertambah seiring dengan kompleksitas persoalan yang dihadapi manusia. Gerakan tersebut bagi ‘Aisyiyah adalah bidang dakwah yang tidak terlepas dari konsep amar ma’ruf nahi munkar kepada seluruh semesta. ‘Aisyiyah berusaha untuk selalu hadir dan bermanfaat bagi seluruh alam, rahmatan lil-‘alamin.

Pertanyaannya adalah, ketika bidang garap itu semakin luas dan bertambah banyak, apakah kualitas gerakan ‘Aisyiyah semakin meningkat atau berkurang? Apakah sumber daya manusia yang dimiliki oleh ‘Aisyiyah sanggup menjalankan berbagai bidang garap yang variatif tersebut? Dari sekian banyaknya yang dilakukan ‘Aisyiyah, apakah ada yang disebut sebagai gerakan prioritas? Masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Untuk menjawab itu semua, pada edisi kali ini, kami mengambil tema “Di Tanganmulah Nasib Bangsa”. Sengaja tema tersebut kami cuplik dari Mars ‘Aisyiyah untuk mene-gaskan bahwa ‘Aisyiyah selama ini sangat kontributif dan solusional dalam menjawab tantangan zaman.  Persoalan keragaman bidang dakwah ‘Aisyiyah kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Liputan Utama, Idea, Harmoni, Qaryah Thayyi-bah, dan Inspirasi. Sementara itu, kajian secara teologis tentang gerakan yang multidimensi, kami paparkan dalam rubrik Hikmah dan Kalam.

Tentu saja kami juga menyampaikan beberapa rubrik lepas tema yang Anda tunggu-tunggu, yaitu rubrik Keluarga Sakinah mengenai keluarga yang harus terpisah karena keadaan; rubrik Konsultasi Kak ‘Aisy tentang keanggotaan ganda; rubrik Kesehatan tentang fasilitas kesehatan; rubrik Cakrawala tentang literasi keuangan; rubrik Edukasiana tentang parenting melatih berorganisasi; serta rubrik Aksara tentang Suara ‘Aisyiyah masa lampau. Tak lupa pula kami sampaikan rubrik Dinamika Organisasi dan Sungging-Singgung yang memotret aktivitas dan pengamatan terkini.

Selamat membaca. Mari kita hidup-hidupi Suara ‘Aisyiyah dengan tetap berlangganan majalah tercinta ini. Salam hangat!!

                                           Redaksi