Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 2, Februari 2020

Muhammadiyah-‘Aisyiyah telah berusia lebih dari satu abad. Tidak terbantahkan, capaian Muhammadiyah-’Aisyiyah telah sangat luar biasa dalam rentang waktu tersebut. Akan tetapi, sebagaimana lembaga yang telah “berumur”, dimungkinkan pula ada unsur tertentu yang sangat  menikmati sistem yang mapan sehingga kurang melakukan inovasi dan kreativitas agar tetap eksis. Padahal, perubahan dunia berlari dengan cepat. Kalau ada sebagian kecil dari sistem organisasi hanya berjalan satu-dua langkah, atau bahkan berhenti melangkah, maka kemunduran akan segera mengancam.

Inovasi berupa terobosan-terobosan baru biasanya berawal dari kesadaran dan kemauan keras para inovator. Sebelum membuat aksi, para inovator itu tentu melakukan kajian kumulatif yang komprehensif. Mereka juga akan merancang proses implementasi-nya sesuai dengan aktivitas dan tantangan organisasi. Selain harus orisinal, baru, dan terencana, inovasi yang ditetapkan juga perlu memiliki kekhasan gerakan organisasi Muhammadiyah-’Aisyiyah serta memiliki tujuan yang jelas. 

Untuk membantu merefleksikan inovasi yang telah dan akan dilakukan oleh unsur-unsur di lingkungan Muhammadiyah-’Aisyiyah, pada edisi ini kami mengetengahkan topik “Inovasi dan Kreativitas Pengembangan Program ‘Aisyiyah”. Inovasi yang dilakukan dalam hal dakwah kami sampaikan dalam rubrik Hikmah dan Kalam, sedangkan inovasi dalam keorganisasian kami paparkan dalam rubrik Tajuk, Liputan Utama, dan Keluarga Sakinah.

Pembahasan yang berfokus pada contoh konkret inovasi yang telah dilakukan kami kemas dalam rubrik Harmoni, Qaryah Thayyibah, dan Inspirasi. Persoalan lain yang juga relevan untuk pengembangan program ‘Aisyiyah terdapat dalam rubrik Edukasiana, Aksara, dan Dinamika Organisasi. Sementara itu, pembahasan lepas tema kami paparkan dalam Idea, Konsultasi Kak Aisy, Kesehatan, dan Cakrawala.

Selamat membaca. Semoga Muhammadiyah-’Aisyiyah mampu mengembangkan dakwah Islam, amar ma’ruf nahi munkar sesuai dengan tantangan zaman. Salam hangat!

Mari jadikan Majalah Suara ‘Aisyiyah sebagai bacaan wajib warga ‘Aisyiyah!

Redaksi