Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 2, Februari 2021

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, sejak awal berdiri, ‘Aisyiyah menyakini bahwa “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (Q.s. al-Mujadilah [58]:11). Karena itulah, melalui berbagai kegiatan, ‘Aisyiyah selalu berupaya agar iman, ilmu, dan amal manusia dapat terus bertambah. Amal ilmiah, ilmu amaliah.

Sejak awal pula ‘Aisyiyah meyakini bahwa “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu” (Q.s. al-Hujurat [49]: 13). Ayat tersebut menunjukkan tidak ada pembedaan antara laki-laki dan perempuan untuk memiliki kesempatan menggapai derajat takwa, demikian pula dalam menggapai ilmu.

Jauh sebelum kemerdekaan, ‘Aisyiyah telah berjuang agar perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama dalam menuntut ilmu. Hal ini terdokumentasi di Suara ‘Aisyiyah dan menjadi bukti otentik orisinalitas gerakan ‘Aisyiyah. Kekayaan intelektual para penggerak ‘Aisyiyah kala itu benar-benar menunjukkan corak perjuangan ‘Aisyiyah. Karena itulah pada edisi kali ini kami mengambil tema “Tradisi Keilmuan sebagai Ciri Khas Gerakan ‘Aisyiyah” agar tradisi keilmuan itu tetap lestari hingga kini.

Landasan teologi dalam menuntut dan mengembangkan ilmu kami sampaikan dalam rubrik Hikmah dan rubrik Kalam. Corak pengembangan ilmu yang dilakukan ‘Aisyiyah kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Liputan Utama, Idea, Keluarga Sakinah, Konsultasi Kak ‘Aisy, Qaryah Thayyibah, Inspirasi, dan Cakrawala.

Tentu saja kami juga menyampaikan beberapa rubrik lepas tema yang Anda tunggu-tunggu, yaitu rubrik Harmoni
tentang perawatan jenazah, rubrik kesehatan tentang asuhan pasca-keguguran serta pengetahuan baru tentang disleksia dan disgrafia. Selain itu, ada pula sejumlah catat-an dalam persoalan tarjih yang disampaikan dalam rubrik Cakrawala.

Persoalan lain, seperti pembelajaran luring di tengah pandemi kami sampaikan dalam rubrik Edukasiana dan perjuangan literasi ‘Aisyiyah kami sampaikan dalam rubrik Aksara. Rubrik Aksara juga memuat puisi indah untuk refleksi gerakan ‘Aisyiyah. Tentu, ada pula rubrik Singgung-Sungging dan Dinamika Organisasi yang memotret realitas terkini.

Selamat membaca. Mari kita hidup-hidupi Suara ‘Aisyiyah dengan tetap berlangganan majalah tercinta ini. Salam hangat!

Redaksi