Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 4, April 2020

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, pada awalnya kami di redaksi memberi perhatian pada masalah-masalah lingkungan di Indonesia yang telah sangat memprihatinkan. Masalah-masalah lingkungan tersebut hampir semuanya disebabkan oleh manusia.

Karena itu, sebagai media dakwah ‘Aisyiyah, kami merasa perlu menggugah kesadaran pembaca untuk mencintai bumi sekaligus mengkampanyekan perlunya komitmen bersama untuk menyelamatkan bumi. Ini sejalan dengan yang dilakukan oleh Muhammadiyah-‘Aisyiyah yang mengonsep Fikih Ekologi serta sejalan pula dengan gerakan-gerakan praksis lainnya yang dilakukan oleh sejumlah ortom.

Di saat kami menyelesaikan semua tulisan mengenai lingkungan untuk Anda, virus corona yang telah kami bahas pada rubrik kesehatan edisi Februari 2020 “menyerbu” Indonesia. Virus itu sangat dahsyat hingga menumbangkan banyak dokter, tenaga medis, dan masyarakat lainnya. Indonesia sangat berduka kehilangan puluhan warganya. Karena itu, mau tidak mau, pembahasan mengenai lingkungan pada akhirnya sebagian kami alihkan menjadi pembahasan corona. Toh, isu lingkungan dan virus corona berada dalam satu frame, yaitu keseimbangan alam dan manusia.

Tulisan yang menggugah kesadaran kita untuk menyelamatkan bumi secara teologis dan ideologis kami sampaikan dalam rubrik Tajuk Rencana, Hikmah, Kalam, dan Qaryah Thayyibah. Kupas tuntas masalah lingkungan yang memotret berbagai kondisi, pendapat para pakar, serta gerakan yang dilakukan Muhammadiyah-‘Aisyiyah kami sampaikan dalam Liputan Utama, Idea, Inspirasi, dan Cakrawala.

Sementara itu, pembahasan komprehensif virus corona kami paparkan dalam berbagai rubrik, di antaranya (i) rubrik Hikmah yang menjelaskan secara nas yang digunakan untuk mencegah virus corona, (ii) Surat Maklumat PP Muhammadiyah tentang Wabah COVID-19, (iii) Maklumat PP ‘Asiyiyah tentang Pencegahan COVID-19, (iv) rubrik Harmoni yang menampilkan berbagai panduan menghadapi virus corona, (v) rubrik Cakrawala yang memotret perjalanan kami di Natuna yang menjadi tempat karantina WNI dari Wuhan, dan (vi) dua artikel dalam rubrik Kesehatan.

Tentu saja ada uraian yang lepas tema untuk memperkaya wawasan Anda, seperti rubrik Keluarga Sakinah yang melanjutkan pembahasan minggu lalu tentang peradaban utama dalam keluarga; Konsultasi Kak Aisy tentang Muktamar, rubrik Singgung-Sungging yang mengulik masalah aktual; serta rubrik Dinamika Organisasi yang memotret peristiwa terkini dari pelosok negeri.

Selamat membaca.  Salam hangat!

Redaksi