Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 4, April 2021

Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 4, April 2021

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, selain disebut homo socius, manusia juga disebut sebagai homo ecologus. Artinya, manusia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu ekosistem. Dengan demikian, pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan untuk selalu memahami lingkungannya karena merupakan bagian dari lingkungan itu.

Akan tetapi, seringkali pada sisi aktualisasi, kepedulian manusia terhadap masalah ekologis itu berbenturan dengan hawa nafsunya. Karena itu, muncullah sikap pro-ekologis dan kontra-ekologis. Saat ini manusia yang pro-ekologis jumlahnya relatif sedikit. Sebagian manusia baru bersikap pro-ekologis ketika alam mulai menunjukkan fenomena yang merugikan kehidupannya.

Dalam al-Qur’an surat al-Isra’ (17) ayat 70 telah jelas bahwa Allah menciptakan manusia sebagai makhluk unggulan (makhluqun karimun). Manusia memiliki kedudukan terhormat sehingga Allah menciptakan alam semesta sebagai fasilitas baginya. Karena manusia berfungsi sebagai khalifah, problematika lingkungan yang terjadi seharusnya berada dalam tanggung jawab manusia. Karena itu, pada edisi kali ini kami mengambil tema “Perubahan Iklim dan Isu Lingkungan”.

Landasan teologi dalam mengembangkan sikap pro-ekologis kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Hikmah, dan Kalam. Analisis kritis terhadap berbagai fenomena lingkungan yang terjadi kami sampaikan dalam rubrik Liputan Utama, Idea, Harmoni, Inspirasi, Cakrawala, dan Edukasiana. Tentu saja kami juga menyampaikan beberapa rubrik lepas tema yang Anda tunggu-tunggu, yaitu rubrik Keluarga Sakinah, Konsultasi Kak ‘Aisy, dan Qaryah Thayyibah.
Kami juga mengulas masalah vaksin di rubrik Kese-hatan; memberikan ulasan berharga mengenai sejarah Muhammadiyah di rubrik Aksara. Selain itu, ada pula rubrik Singgung-Sungging dan Dinamika Organisasi yang memotret realitas terkini.

Selamat membaca. Mari kita hidup-hidupi Suara ‘Aisyiyah dengan tetap berlangganan majalah tercinta ini. Salam hangat!

Redaksi