Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 7, Juli 2021

Pembaca Suara ‘Aisyiyah, keberadaan ‘Aisyiyah hingga mampu memasuki abad kedua dipengaruhi oleh relevansi gerakan ‘Aisyiyah bagi kehidupan masyarakat. Relevansi tersebut mewujud dalam bentuk kemampuan ‘Aisyiyah sebagai ‘problem solver’ atau mengatasi masalah yang dialami masyarakat dan meningkatkan derajat kehidupan.

Manfaat dari keberadaan ‘Aisyiyah tersebut dapat dirasakan berkat kepemimpinan perempuan yang transformatif, yakni kepemimpinan yang mampu memobilisasi potensi, mewujudkan perubahan, dan memproyeksikan masa depan yang berkemajuan. Sebagai organisasi yang digerakkan oleh para pimpinan, kader, maupun warga ‘Aisyiyah maka kepe-mimpinan yang transformatif menjadi faktor strategis dalam mendinamisasi dan menjaga keberlanjutan gerakan ‘Aisyiyah di semua tingkatan.

Kepemimpinan yang transformatif dalam gerakan ‘Aisyiyah pada abad kedua ini mensyaratkan kepemimpinan perempuan yang berkemajuan. Dalam Pokok Pikiran ‘Aisyiyah Abad Kedua telah disebutkan tentang Perempuan Berkemajuan sebagai salah satu di antara tiga visi gerakan ‘Aisyiyah Abad Kedua. Mengacu pada pandangan Islam yang memuliakan perempuan maka Perempuan Berkemajuan mewujud dalam kehidupan perempuan yang memiliki derajat derajat dan perlakuan sama mulia dengan laki-laki tanpa diskriminasi.

Sebagaimana Islam Berkemajuan yang menjadi ciri khas pandangan dan gerakan Muhammadiyah, demikian pula
Perempuan Berkemajuan telah menjadi identitas yang melekat pada pandangan, gerakan, dan profil pimpinan, kader, warga, dan simpatisan ‘Aisyiyah. Namun demikian, Perempuan Berkemajuan sebagai sebuah konsepsi perlu terus dibumikan agar mudah dipahami, dipraktikkan, dan diwujudkan di tengah kehidupan masyarakat.

Mengingat pentingnya kepemimpinan perempuan yang berkemajuan, maka Suara ‘Aisyiyah edisi Juli ini sengaja mengangkat tentang kepemimpinan dalam perspektif Perempuan Berkemajuan. Tema besar tersebut akan diulas dalam rubrik Liputan Utama maupun beberapa rubrik lainnya, mulai dari kepemimpinan perempuan dalam perspektif Islam Berkemajuan hingga perubahan yang dapat diawali dari kepemimpinan perempuan dalam keluarga. Selain itu, terdapat tema-tema menarik lainnya dan berita tentang dinamika ‘Aisyiyah di berbagai wilayah.

Selamat membaca, ‘Jika matahari adalah suluhnya kehidupan, maka orang jangan lupa bahwa majalah atau surat kabar adalah suluhnya peradaban. Salam hangat!

           Redaksi