Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 8, Agustus 2019

Tema : Panggilan Dakwad di Daerah 3T

Meskipun bangsa Indonesia telah merdeka selama 74 tahun, namun pengembangan dakwah di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) masih menjadi tantangan. Dapat dibayangkan medan dakwah di daerah 3T yang berjarak ribuan kilometer dari pusat kota, sumber daya yang sangat terbatas, serta berbagai situasi, kondisi, dan penerimaan masyarakat setempat yang kompleks dan penuh tantangan.

Hingga kini Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah telah mengirimkan da’i dan da’iyah ke Papua, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Suku Baduy di Banten, Pulau Mentawai, Pulau Nias, dan sebagainya. Namun, dakwah di daerah seperti ini masih memerlukan penanganan yang lebih serius dan sinergi yang lebih kuat dari berbagai pihak.  Segenap majelis, lembaga, ortom, amal usaha Muhammadiyah-’Aisyiyah (termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah), para da’i Muhammadiyah, alumni pondok-pondok Pesantren Muhammadiyah, dan unsur lain di lingkungan Muhammadiyah-’Aisyiyah, harus duduk bersama untuk membuat sistem dan strategi dakwah yang efektif untuk direalisasikan di daerah 3T.

Mengingat pentingnya sinergi tersebut, pada edisi kali ini Suara ‘Aisyiyah mengangkat tema  “Dakwah di Daerah 3 T”. Landasan teologis dan strategi gerakan terhadap persoalan ini kami sampaikan pada rubrik Tajuk, Hikmah, Liputan Utama, Inspirasi, Cakrawala, dan Aksara. Sementara itu, untuk mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 kami mengangkat pemaknaan kemerdekaan tersebut pada rubrik Kalam dan Idea. Persoalan Idul Adha kami sampaikan pula pada rubrik Idea dan Qaryah Thayyibah. Tentu saja terdapat tulisan lepas tema yang akan menambah wawasan pembaca, yaitu rubrik Kesehatan,  Keluarga Sakinah, Edukasiana, Sungging-Singgung, dan Dinamika Organisasi.

Selain terwujudnya pembinaan kepada personal dan komunitas di daerah 3T serta pendampingan terhadap mualaf di sana, kita juga berharap semoga basis-basis gerakan dakwah Muhammadiyah-’Aisyiyah dapat lebih banyak terbentuk dan pendirian pimpinan-pimpinan Ranting dapat diinisiasi.  

Selamat membaca. Semoga ghirah pembaca untuk meng-advokasi masyarakat di daerah 3T dan meningkatkan taraf hidup mereka semakin menyala dengan membaca edisi Agustus ini. Salam hangat!

Mari jadikan Majalah Suara’ Aisyiyah untuk bacaan wajib warga ‘Aisyiyah!

Redaksi