Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 8, Agustus 2020

Pembaca setia Suara ‘Aisyiyah, baik di dalam maupun di luar negeri, sejak Indonesia memasuki masa pandemik, mau tidak mau semua masyarakat di Indonesia harus banyak di rumah. Cara hidup stay at home ini memang solusi terbaik dalam mengatasi pandemik, tetapi cara hidup ini juga memuat konsekuensi, baik konsekuensi fisik maupun psikis.

Intensitas pertemuan dengan keluarga yang sangat tinggi tanpa dibarengi dengan kemampuan pengelolaan diri yang baik, pada sebagian keluarga menimbulkan pergesekan yang memicu ketegangan. Beban kerja di kantor yang harus ditunaikan di rumah, sementara ada pelimpahan beban pula untuk menjadi “guru” di rumah, juga membuat orang tua mengalami tekanan. Belum lagi dengan aneka bisnis dan matapencaharian yang terganggu, bahkan terhenti yang membuat hidup terasa sangat berat.

Hal yang menjadi perhatian bersama adalah munculnya problematika kesehatan reproduksi dalam keluarga. Terbatasnya akses kesehatan, kurangnya informasi, serta kurangnya kepedulian pemerintah dan masyarakat terhadap persoalan ini telah memicu masalah. Kehamilan yang tidak diinginkan, kekerasan seksual, baby boomers, gizi buruk pada ibu hamil dan menyusui, adalah sedikit dari banyaknya masalah kesehatan reproduksi yang muncul selama pandemik.

Oleh karena itu, Suara ‘Aisyiyah memandang persoalan kesehatan reproduksi dan masalah keluarga pada masa pandemik urgen untuk dibahas. Pembahasan masalah keluarga secara teologis dan ideologis kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Hikmah, dan Keluarga Sakinah. Sementara itu, pembahasan hulu ke hilir problem keluarga dalam masa pandemik ini kami uraikan dalam rubrik Liputan Utama, Qaryah Thayyi-bah, Harmoni, Inspirasi, Edukasiana, dan Kesehatan.

Kami juga mengingatkan pembaca pada momentum Tahun Baru Hijriyah dalam rubrik Kalam. Selain itu, agar bacaan Anda variatif, kami tampilkan pembahasan di luar tema problem keluarga dalam masa pandemik, yaitu pada rubrik Konsultasi Kak ‘Aisy, Idea, Cakrawala, Sungging-Singgung, dan Dinamika Organisasi.

Pada rubrik Dinamika kami mengulas acara Launching Aplikasi dan Website Suara ‘Aisyiyah dalam rangka 97 Tahun Suara ‘Aisyiyah. Pemaparan dalam seminar daring oleh Ke-tua Umum PP Muhammadiyah dan Ketua Umum PP ‘Aisyi-yah serta para pakar kami sampaikan agar Anda memahami bahwa Suara ‘Aisyiyah adalah wujud dari jihad literasi kita bersama.

Mari kita hidup-hidupi Suara ‘Aisyiyah dengan tetap berlangganan majalah tercinta ini. Salam hangat!

Redaksi