Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 9, September 2019

Tema : Tantangan Kebangkitan Saudagar ‘Aisyiyah

Dahulu kala ‘Aisyiyah banyak digerakkan oleh para saudagar. Suara ‘Aisyiyah memiliki sejumlah dokumentasi bahwa gerakan ‘Aisyiyah “tempo doeloe” disponsori oleh para pengusaha, seperti pengusaha perhiasan, pengusaha batik, pengusaha obat, pengusaha kerudung, dan sebagainya. Sebagian dari mereka  merupakan “Khadijah-Khadijah” yang menopang dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar.

Kini, zaman telah berganti. Penggerak dan anggota ‘Aisyiyah banyak yang berprofesi sebagai pendidik, baik pengasuh di TAA dan kelompok bermain, guru di TK dan sekolah, maupun dosen dan guru besar di perguruan tinggi. Dengan situasi seperti ini, apakah tidak ada lagi saudagar-saudagar ‘Aisyiyah? Tentu ada. Bahkan, ‘Aisyiyah sebenarnya masih memiliki potensi yang besar untuk menjadi garda depan penggerak perekonomian umat dan bangsa.

Majelis Ekonomi, baik ‘Aisyiyah maupun Muhammadiyah telah mengembangkan berbagai usaha agar perempuan-perempuan Muhammadiyah dapat fokus membangun dan mengembangkan kekuatan ekonomi secara berjamaah. Munculnya Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAs), Bina Usaha Ekonomi Keluarga (BUEKA), Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA), Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM), koperasi dan pra-koperasi, serta bentuk kerjasama dengan berbagai pihak membuktikan keseriusan usaha itu. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa di era yang sudah betul-betul berubah ini saudagar-saudagar ‘Aisyiyah menghadapi banyak tantangan.

Karena itulah dalam rubrik ini kami membahas “Tantangan Kebangkitan Saudagar ‘Aisyiyah”. Pembahasan dari sudut pandang teologis kami sampaikan dalam rubrik Hikmah dan Kalam. Sementara itu, pembahasan dari sudut pandang keorganisasian kami sampaikan dalam rubrik Tajuk, Liputan Utama, Idea, Edukasiana, dan Aksara. Panduan teknis untuk perintis usaha para aktivis ‘Aisyiyah kami sampaikan dalam rubrik Harmoni, Inspirasi, Kesehatan, dan Cakrawala. Tentu saja ada tema lepas yang menjadi tuntunan Anda dalam berdakwah, yaitu Keluarga Sakinah, Idea, Konsultasi Kak ‘Aisy, Qaryah Thayyibah, Dinamika Organisasi, dan Sungging-Singgung.

Selamat membaca. Semoga kebangkitan para saudagar ‘Aisyiyah segera menjadi nyata sehingga organisasi ‘Aisyiyah menjadi lebih maju dan “menguasai” dunia.

Mari jadikan Majalah Suara ‘Aisyiyah sebagai bacaan wajib warga ‘Aisyiyah!

 Redaksi