Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 9, September 2020

Proses manusia lahir, tumbuh, menua, dan mati adalah sunatullah yang tidak dapat disangkal dan dihindari. Namun, menjadi tua atau lanjut usia (lansia) yang merupakan proses alami itu bukanlah sebuah kehidupan yang tanpa masalah. Problem psikologis, sosial, kesehatan, dan sebagainya terus melingkupi untuk diselesaikan oleh keluarga, lingkungan, bahkan negara. Secara teologis, konsep birrul walidain telah menggambarkan bahwa Islam sangat serius dalam melihat persoalan ini.

Dalam pengamatan yang lebih kekinian, harapan hidup manusia di bumi ini –termasuk di Indonesia— semakin tinggi. Artinya, jumlah lansia dari waktu ke waktu semakin meningkat. Tentu ini menggembirakan. Akan tetapi, di sisi lain, sebagian lansia yang memiliki hidup panjang juga menanggung beban dan penderitaan yang panjang, misalnya lansia yang merupakan kepala rumah tangga, lansia yang “terbuang” dari keluarganya, lansia yang berada dalam keterbatasan, lansia miskin, dan sebagainya.

Karena itulah, redaksi Suara ‘Aisyiyah memandang persoalan lansia perlu diangkat kembali, walaupun kali ini arahnya berbeda. Pada edisi ini kami membahas mengenai “Akses Perlindungan bagi Lansia”. Sorotan terhadap keha-diran negara dalam melindungi lansia, terutama yang dari kelas menengah ke bawah, kami paparkan dalam rubrik Tajuk. Persoalan doa dari keputusasaan lansia yang kami jumpai, kami sampaikan dalam rubrik Hikmah.
Realitas lansia miskin, kebijakan, serta perlindungan bagi lansia kami gali dalam rubrik Liputan Utama. Sementara itu, tips tentang cara hidup lansia agar tetap bahagia di usia senja kami sampaikan dalam rubrik Idea, Harmoni, Qaryah Thayyibah, Kesehatan, Inspirasi, dan Aksara. Penambahan wawasan tentang penanganan lansia di berbagai belahan dunia kami paparkan dalam rubrik Cakrawala.

Tentu saja, ada beberapa rubrik lepas tema yang kami siapkan untuk menambah pengetahuan Anda, yaitu rubrik Kalam tentang puasa Yaumul Bidh, rubrik Keluarga Sakinah yang menekankan pada karakter keluarga ‘Aisyiyah, rubrik Konsultasi Kak ‘Aisy tentang payung hukum mundurnya Muktamar, rubrik Edukasiana tentang dolanan anak, serta rubrik Dinamika Organisasi dan Singgung-Sungging yang memotret kabar-kabar terkini.
Selamat membaca.

Mari kita hidup-hidupi Suara ‘Aisyiyah dengan tetap berlangganan majalah tercinta ini. Salam hangat!

Redaksi