Info Pemesanan

  • (0274) 373263
  • 0817 270 787
  • suaraaisyiyah@aisyiyah.or.id

Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 9, September 2021

Satu abad bukan usia yang pendek bagi organisasi. Sejarah telah membuktikan, tidak semua organisasi sanggup melewatinya. Selama 100 tahun lebih, ada banyak dinamika dan perubahan zaman yang mampu dihadapi oleh ‘Aisyiyah. Para kader ‘Aisyiyah adalah kunci di balik daya tahan, ketangguhan, dan relevansi gerakan perempuan muslim berkemajuan ini.

Sebagai sebuah organisasi yang digerakkan oleh sumber daya manusia, keberlanjutan kaderisasi merupakan hal mutlak untuk menjaga keberlangsungan gerakan. Di sisi lain, kita meyakini bahwa perubahan merupakan sunnatullah, sedangkan kebermanfaatan organisasi ditandai dari relevansinya dengan kebutuhan dan semangat zamannya. Mau tidak mau, proses perkaderan yang dilakukan pun perlu disesuaikan dengan konteks yang terus berubah tersebut.

Kemajuan teknologi informasi, massifnya penggunaan media sosial, digitalisasi di berbagai lini, melimpahnya informasi dari berbagai kanal, mudahnya orang saling berinteraksi, hingga karakteristik generasi baru yang lebih menyukai fleksibilitas tinimbang kekakuan, formalitas, dan pendekatan struktural, merupakan realitas yang perlu direspons dalam sistem perkaderan persyarikatan. kemampuan kita merespons situasi zaman yang berubah dan dipercepat dengan pandemi tersebut, menjadi bukti dari karakter ‘berkemajuan’ yang telah melekat sebagai identitas gerakan kita.

Sejalan dengan itu, anak muda yang mendapat julukan digital native ini juga perlu membekali dirinya dengan empat keterampilan yang dibutuhkan di era digital, yaitu kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Mereka lah masa depan persyarikatan yang akan menjaga relevansi dan keberlangsungan gerakan Muhammadiyah-‘Aisyiyah hingga abad-abad berikutnya menjelang.

Dalam konteks itulah tema ‘Perkaderan Merespons Perubahan’ ini muncul sebagai tema besar Suara ‘Aisyiyah edisi kali ini. Pembaca akan menemukan ulasannya dalam berbagai rubrik, mulai dari liputan utama hingga cakrawala, termasuk ide segar dalam tulisan yang menyoal kaderisasi digital. Jangan lewatkan pula informasi tentang kesehatan, parenting, kabar terbaru kegiatan Suara ‘Aisyiyah Institut, dan dinamika ‘Aisyiyah di berbagai daerah. Selamat membaca!

           Redaksi